Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 20 Juli 2018

BPLHD Jabar Sinyalir Pengembang Summarecon Gunakan Galian Ilegal

Wisnu Wage Jum'at, 19/08/2016 14:10 WIB
BPLHD Jabar Sinyalir Pengembang Summarecon Gunakan Galian Ilegal
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com, BANDUNG—Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (BPLHD) Jabar mensinyalir pengembang Summarecon menggunakan tanah dari galian liar untuk proyek Gedebage. 

Kepala BPLHD Jabar Anang Sudarana mengatakan pihaknya sudah menelusuri dugaan tersebut meski lahan galian tersebut belum terdaftar dalam deretan kegiatan berizin di Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jabar.

“Setelah ditelusuri baik oleh tim ESDM dan saya pribadi, tanah urugan itu memang ngalirnya ke kawasan Gedebage," katanya di Bandung, Jumat (19/8/2016).

Dari hasil pemeriksaan di lokasi kegiatan penggalian tersebut setiap harinya ratusan truk tronton berkapasitas rata-rata 20 ton lalu lalang di kawasan tersebut menuju kawasan pengembangan metropolis Bandung yang ada di Gedebage.

Pihaknya akan melakukan proses konfirmasi pada pengembang yang bersangkutan. Paling lambat pihaknya Senin depan akan layangkan surat ke pengembang tersebut.

"Kami ingin mereka menghentikan dulu menerima tanah urugan dari kawasan tersebut karena diduga ilegal, kecuali dia yakini itu legal silakan, tapi kita akan tetap akan usut,"tegasnya.