Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

2019, Seluruh Warga Miskin Cimahi Terjamin Kesehatannya

Hedi Ardia Selasa, 02/08/2016 11:29 WIB
2019, Seluruh Warga Miskin Cimahi Terjamin Kesehatannya
Program Jamkesda Cimahi

Bisnis.com, CIMAHI - Pemkot Cimah menargetkan pada 2019 mendatang seluruh warga miskin akan terlindungi program Jaminan Kesehatan yang dibayai oleh APBD atau program yang dulu dikenal dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

Wali Kota Cimahi Atty Suharti mengatakan, berdasarkan data Program Perlindungan Sosial (PPLS) tahun 2011, penduduk miskin Kota Cimahi berjumlah 142.317 jiwa. Masyarakat miskin yang  telah menerima bantuan iuran jaminan kesehatan dari pemerintah pusat berjumlah 127.589 jiwa.

"Sisanya rakyat miskin yang belum memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah pusat menjadi tanggung jawab pemerintah daerah," katanya, kepada wartawan, Selasa (2/8/2016).

Hingga semester I/2016 ini, masyarakat miskin yang menerima bantuan iuran jaminan kesehatan nasional berjumlah 9.654 jiwa dan terverifikasi sebanyak 8.199 jiwa. Peserta dapat memperoleh hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN mulai 1 Agustus 2016.

Menurut Atty, pemerintah mulai dari pemerintah pusat, sampai pemerintah kota memiliki tanggung jawab untuk memberikan fasilitas dan pelayanan kesehatan bagi rakyat, sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Setiap daerah harus memberikan kontribusi dengan potensi dan strategi masing-masing walaupun secara umum, fasilitas dan pelayanan kesehatan yang diberikan relatif sama," katanya.

Attypun mengungkapkan kebersaman komponen pemerintah dan komponen masyarakat termasuk para ulamanya, memiliki pemikiran dan gerak yang sama dalam upaya meningkatkan program kesehatan di Kota Cimahi agar penghuni kota memiliki derajat kesehatan yang terus meningkat.

"Di rumah kita, kita jaga lingkungan bersih agar tidak ada nyamuk, untuk terhindar dari DBD, kita saling mengingatkan rumah kita sehat agar terhindar dari penularan TBC, kita buat sanitasi sempurna untuk terhindar dari diare dan kesehatan lain nya, agar kita sehat selalu," paparnya.

Selain itu pelayanan di puskesmas dan rumah sakit daerah terus dibenahi, sebagai upaya perbaikan fasilitas pelayanan, tenaga medis terus ditempa diminta untuk senyum, santai agar  dapat melayani saudara-saudara kita yang miskin dan tidak mampu, dengan demikian  artinya pelayan kesehatan  bagi semua.

Apps Bisnis.com available on: