Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 17 Oktober 2017

Polban Gelar Industrial Research Workshop & National Seminar

Agne Yasa Kamis, 28/07/2016 17:28 WIB
Polban Gelar Industrial Research Workshop & National Seminar
Direktur Politeknik Negeri Bandung Rachmad Imbang Tritjahjono (tengah) bersama Direktur Riset dan Pengabdian kepada masyarakat Kemenristek Dikti Prof. Ocky Karna Radjasa (kiri) dan Peneliti sekaligus Ass. Profesor Bidang Molecular Biology STIH ITB Fenny Martha Dwivany (kanan) dalam IRWNS ke-7, di Kampus Polban pada Kamis 928/7/2016)
Bisnis/Rachman

Bisnis.com, BANDUNG - Politeknik Negeri Bandung (Polban) menggelar Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) yang ke tujuh (7) di Kampus Polban, Gegerkalong Hilir, Bandung pada Kamis (28/7/2016).

IRWNS merupakan forum pertemuan para peneliti yang memiliki tujuan untuk mendiseminasikan hasil penelitian di bidang sains terapan yang dilakukan setiap tahun.

Adapun tema yang diangkat pada Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) yang ke tujuh ini adalah “Penelitian dan Inovasi untuk Mendukung Pembangunan Nasional Berkelanjutan di Era Knowledge Based Society”.

Direktur Politeknik Negeri Bandung Rachmad Imbang Tritjahjono mengatakan forum ini dapat menjadi wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi, pengetahuan, dan pengalaman penelitian.

"Dalam dunia riset terdapat dua sisi yaitu riset dasar dan riset terapan. IRWNS menjadi medium para peneliti di riset dasar dan para peneliti riset terapan bertemu sehingga mereka bisa bekerja sama," ujar Rachmad Imbang.

Menurutnya dengan adanya interaksi antar peserta dengan beragam perspektif dapat menjadi sarana untuk menciptakan kesinambungan dan pengembangan teknologi yang tepat guna untuk diterapkan di industri dan masyarakat.

"Kami sadar betul bahwa riset dasar harus bisa wujudkan menjadi suatu produk sehingga Polban mencoba untuk bekerja sama, tidak hanya antar politeknik tetapi juga dengan universitas dan institusi lain," ujarnya.

Dia menambahkan dari hasil-hasil riset dasar para peneliti, Polban mencoba mengisi dari sisi engineering agar dapat mewujudkan suatu produk yang dapat dimanfaatkan masyarakat.

"Harapannya dengan adanya pertemuan antara peneliti yang ada di universitas dan politeknik, dari berbagai daerah seperti Bandung, Malang, Manado, Bali dan lainnya ini membuat para peneliti yang hadri saling berkomunikasi sehingga bisa bekerja sama dengan baik," ujarnya.

Dalam Industrial Research Workshop and National Seminar (IRWNS) ke-7 ini juga menghadirkan Direktur Riset dan Pengabdian kepada masyarakat Kemenristek Dikti Prof. Ocky Karna Radjasa dan Peneliti yang merupakan Ass. Profesor Bidang Molecular Biology, STIH ITB Fenny Martha Dwivany.

Ketua Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Bandung Ediana Sutjiredjeki menambahkan dalam IRWNS 2016 menghadirkan 72 makalah yang dibagi menjadi dua tema yaitu engineering dan commerce atau tata niaga.

"Dalam IRWNS ini, sudah ada penguatan kapasitas industri melalui kerja sama dengan swasta," ujarnya. (k5)

Apps Bisnis.com available on: