Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

6 Makanan Sehat Pendukung Program Diet

Selly Astari Octaviani Selasa, 28/06/2016 13:08 WIB
6 Makanan Sehat Pendukung Program Diet
Ilustrasi
Reuters

Bisnis.com, BANDUNG – Dalam pola diet, tidak hanya perlu memperhatikan porsi makanan, tetapi juga harus memperhatikan makanan apa yang masuk ke dalam tubuh. Untuk memenuhi kebutuhan tubuh, diperlukan makanan yang mengandung nutrisi yang tepat karena makanan memiliki peranan besar dalam menjaga kondisi tubuh.

Akan tetapi, ketika mengonsumsi makanan, rasa dari makanan itu juga akan menjadi pertimbangan seseorang dalam memilih makanan. Melihat hal itu, berikut beberapa makanan yang memiliki nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan rasa yang menggiurkan untuk memenuhi selera penyantapnya.

1. Lemon

Tentunya tidak ada yang mau mengonsumsi lemon langsung begitu saja karena rasa asamnya yang sangat pekat. Akan tetapi, lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kadar imun. Selain itu, studi menunjukkan, lemon juga menghalangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Hal ini menegaskan, lemon merupakan makanan yang sangat penting untuk tubuh. Untuk itu, meski tak bisa mengonsumsi secara langsung, lemon dapat dikonsumsi dengan menambahkannya pada air mineral atau menjadi salad dressing.

2. Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lebih tinggi dibandingkan buah dan sayur lainnya, tapi juga mengandung banyak lemak sehat yang penting untuk menjaga agar jantung dan otak tetap bekerja dengan baik. Tak hanya itu, penelitian menunjukkan, mengonsumsi alpukat juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.Oleh karena itu, alpukat sangat penting bagi tubuh, dan untuk mengonsumsinya dapat ditambahkan pada salad, dijadikan jus, atau lainnya.

3. Salmon

Ikan yang sudah akrab di telinga masyarakat ini mengandung banyak nutrisi penting, salah satunya asam lemak omega-3 yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan otak, jantung, kulit, dan rambut. Salmon merupakan salah satu makanan yang sangat tepat untuk diet karena salmon dapat membuat tubuh cepat kenyang dan mencegah rasa lapar sebelum waktu makan selanjutnya.Selain itu, ikan ini juga merupakan sumber protein yang dibutuhkan untuk menjalankan seluruh fungsi tubuh. Untuk mengonsumsinya dapat dibakar ataupun dipanggang.

4. Bawang

Kebanyakan orang tidak menggigit bawang putih secara langsung atau dalam keadaan mentah, tetapi dimasak dahulu untuk meningkatkan asupan alicin, senyawa tanaman yang dapat membantu melawan kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang memungkinkan tubuh melawan kerusakan radikal bebas yang dapat menyebabkan segala macam masalah kesehatan. Gunakan bawang putih dalam bumbu-bumbu, dressing atau saus pasta.

5. Kacang

Kacang merupakan makanan yang ajaib di dunia. Kacang menempati peringkat teratas yang direkomendasikan para ahli kesehatan di dunia. Hal ini dikarenakan, kacang kaya akan serat yang membantu mengontrol nafsu makan, sehingga sangat cocok masuk dalam pola diet. Mereka juga mengandung protein dan sejumlah nutrisi lain. Penelitian menunjukkan, orang-orang yang mengonsumsi kacang secara teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 25%. Untuk mengonsumsinya, campurkan kacang dengan sayur atau buat sebagai saus.

6. Oatmeal

Berdasarkan penelitian, oatmeal telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dan menjaga tingkat insulin dalam tubuh. Selain itu, oatmeal memiliki banyak serat yang dapat membantu mencegah seseorang makan berlebihan. Usahakan tidak menambahkan gula saat mengonsumsinya dan menggantuya dengan beberapa buah untuk meningkatkan asupan gizi. (K9)

Apps Bisnis.com available on: