Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Begini Cara Agar Tetap Tampil Cantik & Segar Meskipun Kurang Tidur

Selly Astari Octaviani Selasa, 28/06/2016 11:29 WIB
Begini Cara Agar Tetap Tampil Cantik & Segar Meskipun Kurang Tidur

Bisnis.com, BANDUNG – Tak sedikit perempuan yang harus terjaga semalaman untuk mengerjakan sesuatu. Selain tidak baik untuk tubuh, kurang tidur juga dampaknya dapat tampak pada wajah, seperti pada mata dan tubuh, jika tidak segera melakukan perbaikan dan penyegaran kembali.

Sementara untuk memperbaikinya membutuhkan waktu yang lama, ada beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai menutupinya, sehingga wajah tetap tampak cantik sebagaimana tidur dengan cukup dan meningkatkan cukup energi untuk melewati kegiatan seharian.

1. Pergi keluar dan dapatkan asupan vitamin D

Salah satu pengemas terbaik bagi para individu yang terjaga semalaman adalah mendapatkan sorotan sinar matahari pagi. Sinar ini akan memberikan tubuh asupan Vitamin D yang membuat tubuh dan wajah tampil lebih segar dan normal, bahkan kepada individu yang tidak tidur sama sekali. Sinar matahari pagi yang alami dapat membantu me-reset jam tubuh dan memperdaya tubuh untuk bertahan selama beberapa jam ke depan sebelum tubuh benar-benar lelah.

2. Minum air untuk meningkatkan energi tubuh secara alami

Bahkan jika seseorang hanya tidur selama satu jam, saat bangun tidur dengan meminum sekitar 2-3 gelas besar sesegera mungkin dapat membantu mengembalikan hidrasi tubuh dan memperdaya pikiran melakukan kegiatan. Sensasi air dingin yang masuk ke dalam tubuh akan membuat diri sepenuhnya sadar, dan metabolisme tubuh akan meningkat karena tubuh terhidrasi.

3. Makan makanan yang mengandung protein untuk menghilangkan rasa lelah

Sarapan menjadi hal wajib bagi individu yang terjaga semalaman. Akan tetapi, tak sembarangan makanan dapat memberikan tubuh energi yang banyak. Sarapan dengan makanan yang mengandung gula memang dapat memberikan asupan energi pada tubuh dengan cepat, akan tetapi, ini hanya sementara dan tubuh akan merasa sangat lelah sekitar pukul 10.30.

Bahkan jika sedang dalam suasana hati yang tak enak, sarapan dengan makanan yang mengandung protein sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan, makanan tersebut akan melepas energy secara perlahan sehingga dapat membuat tubuh tetap terjaga dan aktif lebih lama.

4. Kompres mata agar tidak terlihat bengkak

Mata bengkak adalah tanda paling fatal yang memperlihatkan seseorang telah terjaga semalaman. Oleh karena itu, jika tidak memiliki waktu untuk mandi dengan air dingin, disarankan, sebelum bepergian, mata dikompres dengan kantong the hijau untuk mengurangi efek bengkak pada mata.

5. Gunakan warna cerah pada bibir untuk mengurangi tampilan lelah

Cara lain untuk menutupi efek terjaga semalaman ialah menggunakan makeup dengan warna yang berani, salah satunya pada warna bibir. Warna bibir yang cerah akan mengalihkan perhatian dari fakta bahwa tubuh tengah kelelahan karena terjaga semalaman.

6. Tak sesegera mungkin minum kopi

Kopi umumnya menjadi hal pertama yang terlintas di pikiran setelah terjaga semalaman, akan tetapi disarankan untuk meninggalkan kopi selama beberapa jam yang dapat menaikkan gelombang kadar kortisol tubuh yang selalu tinggi pada pagi hari. Setelah itu, baru seseorang dapat mengonsumsi kopi yang dapat membantu memberikan beberapa energi kepada tubuh. (K9)