Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 13 Desember 2017

Len & Wartawan Gelar Aksi Menanam Pohon

Fajar Sidik Sabtu, 18/06/2016 11:28 WIB
Len & Wartawan Gelar Aksi Menanam Pohon

BANDUNG--PT Len Industri (Persero) melakukan gerakan menanam pohon bersama Len Pers Community untuk mendukung program penghijauan di wilayah Bandung Raya.

Penanaman dilakukan di bantaran sungai Cisangkuy, anak sungai Citarum, desa Langonsari, kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jumat (17/6/2016).

Penanaman dilakukan bersama 40 orang awak media di Jabar, beserta manajemen PT Len yang diwakili oleh VP Sekretaris Perusahaan PT Len Industri Syaifuddin, dan Manajer Komunikasi Korporasi Donny Gunawan, serta Camat Pameungpeuk Rusli Baijuri dan komunitas eco village.

VP Sekretaris Perusahaan PT Len Industri Syaifuddin mengatakan Len berkomitmen untuk memelihara terhadap lingkungan dengan gerakan sejuta pohon.

Menurutnya, seringnya banjir dan erosi tanah di bantaran sungai Cisangkuy menjadi perhatian utama dipilihnya penghijauan di lokasi tersebut. Sebanyak 200 bibit pohon ditanam di bantaran sungai CIsangkuy dan ditargetkan akan mencapai 3.500 pohon.

"Len melihat penanaman pohon ini justru akan lebih sulit memeliharanya sehingga peran masyarakat di desa Langonsari sangat menentukan keberhasilan penghijauan ini dan diharapkan berdampak jauh lebih besar terhadap lingkungan," ujarnya.

Pihaknya berupaya membangun kepedulian dari berbagai kalangan mulai dari kalangan santri pada tahun lalu, dan termasuk saat ini mengajak wartawan untuk berpartisipasi dalam gerakan menanam pohon.

Sementara itu, Camat Pameungpeuk Rusli Baijuri mengungkapkan, mayoritas daerah di kabupaten Bandung secara geografis wilayahnya berpotensi bencana seperti longsor, banjir, puting beliung, hingga kekeringan.

Oleh karena itu, apabila masyarakat tidak beradaptasi memelihara lingkungan, maka risikonya akan lebih besar.

"Kami di Kabupaten Bandung menggencarkan gerakan pembangunan dengan semangat sabilulungan raksa desa, jaga lembur, termasuk memelihara dari kerusakan lingkungan dan wabah penyakit. Salah satunya kami sangat mengapresiasi gerakan menanam pohon yang dinisiasi PT Len Industri," katanya.

Dia menambahkan, momentum saat ini sangat penting bagi Kabupaten Bandung, karena sumbangsih sekecil apapun pada lingkungan diharapkan bisa membantu memitigasi risiko terjadinya berbagai bencana.

Rusli berharap kegiatan tersebut bisa berkelanjutan karena masih banyak lahan di wilayahnya yang bisa ditanami, dan warga didorong turut memeliharanya hingga berbuah karena mayoritas tanaman produktif.

Apps Bisnis.com available on: