Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 19 Juni 2019

Peringati Hari Lingkungan Hidup, Hino Gelar Hino Global

Selly Astari Octaviani Sabtu, 11/06/2016 09:19 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup, Hino Gelar Hino Global
Foto: Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – Menyambut Hari Lingkungan Hidup, PT Hino Motors Manufacturing Indonesia menggelar serangkaian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dalam Hino Global.

Sebanyak 50 unit alat pembuat lubang biopori diberikan Hino Indonesia kepada kelurahan, kecamatan, desa, sekolah dan puskesmas di Kabupaten Purwakarta sebagai bentuk acara puncak Hino Global pada 3 Juni 2016.

Adapun alat-alat tersebut diserahkan secara simbolis oleh Executive General Manager PT Hino Motors Manufacturing Indonesia Bagas Krishnamurti kepada Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Purwakarta Nana Mulyana dan kepada masing-masing perwakilan penerima bantuan tersebut.

“Kami harap, kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini memberikan dampak yang baik bagi lingkungan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama perangkat desa dan sekolah agar terus menjaga dan merawatnya,” ucap Bagas dalam sambutannya melalui rilis yang diterima Bisnis.com, Sabtu (11/06/2016).

Senada dengan Bagas, Nana Mulyana juga berpandangan, sebagai makhluk yang juga hidup di dalam alam semesta, manusia berkewajiban untuk menjaga lingkungannya tetap sehat, terjaga kelestariannya, dan terhindar dari bencana alam seperti polusi, banjir, dan tanah longsor.

“Mohon pergunakan alat pembuat lubang biopori ini sebaik-baiknya. Satu lubang tidak akan membuat perbedaan. Buatlah sedikitnya 100 lubang agar dapat meningkatkan kesuburan tanah, mencegah banjir, meningkatkan deposit air tanah dan mencegah tanah longsor,” himbaunya kepada para peserta yang hadir.

Sebelum kegiatan ini, Hino Indonesia telah melakukan beberapa kegiatan CSR lain yang berkaitan dengan sektor pendidikan dan pelestarian lingkungan hidup. Di antaranya, pada 1 Juni 2016, Hino Indonesia memberikan satu unit chassis truck Hino Dutro, satu unit beam, satu unit harness, dan satu unit stop lamp kepada SMK Tri Mitra Karawang untuk dipergunakan sebagai alat praktikum.

Kemudian, pada 2 Juni 2016, Hino Indonesia memberikan enam unit komputer bekas layak pakai, 20 unit meja kantor bekas layak pakai, dan 20 unit kursi bekas layak pakai kepada SMP PGRI 393 Palasari, Tangerang.

Sebagai penutup, pada 3 Juni 2016, Hino Indonesia memberikan enam unit komputer bekas layak pakai kepada SMKN 1 Pelered Purwakarta.

Dengan berbagai bantuan chassis dan komputer tersebut, Hino Indonesia berharap, peserta didik dapat meningkatkan keterampilannya dalam bidang teknik otomotif dan komputer.

Semakin dikuasainya ilmu di dua bidang ini, maka peserta didik akan siap terjun ke dunia industri. Pasalnya, berbagai perusahaan saat ini memerlukan tenaga-tenaga terampil yang siap pakai.

Selain itu, pemberian berbagai fasilitas ini ditujukan Hino Indonesia untuk menerapkan prinsip 3R, yakni reduce, reuse, recycle. Di mana, barang layak pakai yang sudah tidak dipergunakan Hino Indonesia masih dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang membutuhkan. (K9)