Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 18 Desember 2017

Datsun Bidik Konsumen Di Pinggir Kota

Selly Astari Octaviani Minggu, 05/06/2016 08:51 WIB
Datsun Bidik Konsumen di Pinggir Kota
Foto: Istimewa

Bisnis.com, BANDUNG – PT Nissan Motor Indonesia melalui brand Datsun menargetkan para konsumen yang berada di pinggiran kota. Pasalnya, perekonomian pinggiran kota dinilai sedang mengalami perkembangan yang pesat.

Selain itu, Sales Manager Datsun Indonesia Indra Yanto menyatakan, pemilihan strategi ini juga didasarkan pada konsumen pusat kota yang sudah mencapai titik jenuh pada keragaman brand otomotif.

“Sebagai pendatang baru, kami juga ingin memperkenalkan unit kami pada para risers yang baru memiliki mobil,” ucap Indra saat ditemui Bisnis.com, di Cihampelas Walk, Bandung, Sabtu (04/06/2016).

Strategi Local Initiative Activity ini juga diakui Indra, dilakukan setelah melihat perkembangan potensi market size sejak tahun sebelumnya.

“Kami lihat, khususnya di Kota Bandung dan Kabupaten, kami bandingkan pada 2015 justru lebih besar di Kabupaten, akhirnya kami putuskan untuk menyasar ke pinggir dulu baru ke tengah,” ungkanya.

Dengan strategi tersebut, pihaknya berupaya untuk mencapai target penjualan hingga 34.000 unit secara nasional di tahun 2016. Adapun hingga saat ini, unit yang diandalkan ialah Datsun Go dan Datsun Go+ dengan kontribusi penjualannya sebesar 68%.

“Peluangnya besar karena sekarang sedang terjadi pergeseran dari non passenger ke LCGC, selain itu perekonomian negeri kita yang tidak terlalu stabil disanding dengan kebutuhan transportasi yang tinggi, akhirnya mendorong masyarakat untuk mencari mobil dengan harga terjangkau, untuk itu mereka banyak yang beralih ke LCGC,” jelasnya.

Indra mengaku, pihaknya juga belum berencana mengeluarkan unit baru dan tetap fokus pada pengembangan kedua unit ini.

“Kami ini produk baru, jadi sekarang masih fokus pada pemenuhan ekspektasi dari konsumen dulu, sehingga tidak membuat unit baru dulu,” ujarnya.

Di sisi lain, dari pertumbuhan market share 19% secara nasional, penjualan unit Datsun di Jawa Barat memberikan kontribusi sekitar 18% masih menempati posisi ketiga, dengan perolehan peringkat pertama diduduki oleh Sulawesi dan Sumatera.

“Di Sulawesi dan Sumatera itu sangat kuat pengaruh Datsun karena ada kaitannya dengan history dari Datsun sendiri di sana,” ucapnya.

Sementara itu, penjualan Datsun di Jawa Barat masih didominasi oleh konsumen dari Bandung, diikuti Cirebon dan Tasikmalaya.

Sedangkan, untukmemenuhi kebutuhan para konsumennya, Datsun menyiapkan 34 dealer di Jabodetabek dan sembilan dealer di Jawa Barat.

Apps Bisnis.com available on: