Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 22 Oktober 2018

17 Kecamatan Di Purwakarta Siap Jadi Kampung KB

Wisnu Wage Rabu, 01/06/2016 12:43 WIB
17 Kecamatan di Purwakarta Siap Jadi Kampung KB
Ilustrasi

Bisnis.com, PURWAKARTA--Predikat sebagai penyelenggara Paguyuban Keluarga Berencana terbaik se Jawa Barat pada Tahun 2014 lalu tidak membuat Kabupaten Purwakarta puas.

Purwakarta segera memperdalam serapan program Keluarga Berencana dengan membuat Kampung KB di 17 Kecamatan yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Purwakarta.

Kampung KB merupakan Desa percontohan di masing-masing Kecamatan yang telah sukses menyelenggarakan program Keluarga Berencana di wilayahnya secara efektif dan berkesinambungan. Melalui keberadaan Kampung KB diharapkan Desa yang lain termotivasi untuk meraih prestasi yang sama.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan pada prinsipnya Keluarga Berencana bukan hanya menekankan tentang pentingnya alat kontrasepsi.

Tetapi sesuai dengan namanya Keluarga Berencana sangat erat berkaitan dengan perencanaan menyeluruh dalam sebuah keluarga dalam aspek Kesehatan, Kesejahteraan, Kebersihan, Kenyamanan dan Pendidikan.

“Selama ini masyarakat selalu didorong pada pemahaman bahwa Keluarga Berencana hanya berkaitan dengan pengaturan kelahiran anak. Padahal banyak sekali aspek yang harus diperhatikan," katanya, Rabu (1/6/2016).

Anne juga berujar Kampung KB dapat menjadi pilot project di masing-masing Kecamatan sebagai upaya penyelenggaraan program Keluarga Berencana di seluruh wilayah di Kabupaten Purwakarta.

Ia menilai selama ini sebuah wilayah percontohan selalu terfokus di daerah kota padahal sebenarnya sebuah wilayah percontohan harus didekatkan dengan kehidupan masyarakat sehari-hari agar dapat dicontoh oleh seluruh warga masyakat.

 “Kampung KB mah percontohannya ya di Kampung. Purwakarta ini kan kebanyakan wilayah kampung jadi sebuah pilot project tidak boleh berorientasi kota, harus didekatkan dengan warga di kampung," ujarnya.

Kampung KB yang dimaksud oleh Anne akan menyediakan fasilitas alat kontrasepsi gratis, pendampingan perencanaan kesehatan dan kesejahteran keluarga dan konsultasi lain yang dianggap perlu dalam rangka menuju keluarga yang sejahtera.

“Sebagai permulaan, Desa Pesanggrahan Tegalwaru menjadi Kampung KB pertama di Purwakarta. Minggu depan menyusul desa-desa yang lain. Ini semata ikhtiar agar seluruh keluarga yang tinggal di Purwakarta menjadi keluarga sejahtera”