Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 21 Agustus 2017

SMK Di Bandung Kelebihan Jumlah Guru Teknik Komputer Jaringan & Mesin

Hedi Ardia Jum'at, 27/05/2016 16:59 WIB
SMK di Bandung Kelebihan Jumlah Guru Teknik Komputer Jaringan & Mesin
ilustrasi

Bisnis.com, SOREANG - Jumlah guru untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Sekolah Menengah Keterampilan (SMK) di Kabupaten Bandung dianggap sudah penuh sesak.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Marlan Nirsyamsu menuturkan, banyaknya guru di bidang tersebut setelah maraknya penggunaan komputer di berbagai sektor, mulai dari rumah tangga, perusahaan, hingga pemerintahan.

"Sejak itu, banyak orang yang mulai mempelajari pendidikan komputer untuk kemudian menjadi pengajar. Nah sekarang output-nya banyak dan akhirnya kelebihan," katanya, Jumat (27/5/2016).

Karena jumlah guru yang telah terlampau padat, pihaknya akan membatasi pembukaan jurusan TKJ dan perekrutan gurunya. Jurusan lain yang populasi gurunya banyak adalah teknik mesin dan otomotif.

Salah satu cara untuk melakukan pemerataan guru yakni dengan membagi rata jumlah guru yang berlebihan di satu sekolah ke sekolah lain yang kekurangan guru.

Akan tetapi, cara tersebut sulit dilakukan karena guru SMK memiliki keahlian khusus yang tidak bisa begitu saja dikirim ke sekolah lain.

"Kalaupun berlebih, kita tidak bisa kirim ke sekolah lain karena belum tentu sekolah itu butuh keahlian guru SMK ini," kata dia.

Solusi lainnya dengan memperbanyak jurusan-jurusan baru di beberapa SMK. Jurusan baru ini bakal ramai diisi murid karena tingkat kebutuhan terhadap jurusan tersebut cukup besar. Di antara jurusan yang akan diperbanyak di SMK, yaitu Tata Boga, Perhotelan dan Pertanian.

Apps Bisnis.com available on: