Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Cat Lover Community Bandung Sokong Jabar Bebas Rabies 2018

Yanto Rachmat Iskandar Selasa, 24/05/2016 16:25 WIB
Cat Lover Community Bandung Sokong Jabar Bebas Rabies 2018

Bisnis.com, BANDUNG—Kesan lucu memang melekat dari hewan peliharaan bernama kucing sehingga menarik minat masyarakat untuk memeliharanya.

Meskipun sudah dianggap hewan peliharaan alias jinak kucing tetap mesti diwaspadai karena bisa jadi rentan terkena penyakit bahkan menyebarkannya kepada manusia.

Oleh karena itu, Cat Lover Community Bandung (CLSB) yang diketuai Pay Dito menggelar vaksinasi untuk kucing kesayangan bertema healthy cat event sekaligus pemeriksaan kesehatan gratis bagi kucing.

Ketua Panitia Susi Sudomo mengemukakan kegiatan vaksinasi sekaligus pemeriksaan kucing ini bertujuan terutama mendukung program pemerintah yang menargetkan Jawa Barat bebas penyakit rabies di tahun 2018.

“Selain itu juga untuk meningkatkan kondisi kesehatan kucing,” katanya melalui siaran pers yang diterima bisnis.com.

Acara itu sendiri terbagi menjadi dua bagian. Kompetisi kucing peliharaan berlangsung pada Sabtu 21 Mei yang memperlombakan kucing long hair maupun short hair terbaik di bawah arahan Fadly Fuad, pembina CLCB sekaligus pemilik Mizu Cattery Bandung.

Adapun vaksinasi berlangsung pada Minggu 22 Mei  2016 di Petpark Jalan Cilaki Bandung.

Sepertinya layaknya acara kumpul-kumpul, pada acara itu juga hadir bintang kehormatan yakni Mizu Oompa Loompa, seekor kucing yang memiliki gelar Grand Premier yaitu kucing yang sudah mndapatkan minimal 25 Grand point dalam CFA International Catshow

Susi menambahkan pada acara itu jumlah kucing yang menjalani vaksinasi mencapai 56 kucing untuk vaksin rabies, tricat dan tetracat.

Sementara itu, sebanyak tujuh kucing tidak diizinkan menjalani vaksinasi karena kesehatannya kurang baik.

Untuk kucing yang kurang sehat itu, tim dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota bandung bersama Klinik Hewan Bandung turun tangan melakukan pengobatan.

Total kucing yang mendapatkan pengobatan sebanyak 18 kucing, dan total kucing yang ditangani selama acara dari jam 8 sd jam 14.00 adalah 81 ekor kucing.

Susi juga mengatakan acara kucing sehat ini merupakan salah satu dari sejumlah program jangka pendek yang dijalankan oleh komunitas.

“Kegiatan Healthy Cat Event ini memang bertujuan untuk meningkatkan kesehatan kucing baik peliharaan member ataupun umum,” katanya.

CLCB adalah komunitas yang lahir pada akhir 2015. Sampai saat ini memiliki anggota 40 orang yang terdiri dari berbagai kalangan baik dari sisi usia dan latar belakang pendidikan juga pekerjaan.

Anggota CLCB memiliki berbagai jenis kucing, baik ras, domestic, dan mixbreed. Total jumlah Kucing yang terdaftar pada CLCB diatas 100 ekor.

Apps Bisnis.com available on: