Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 29 Juni 2017

Unpad Kawal Pembangunan Berkelanjutan Lewat SDGs Center

Agne Yasa Jum'at, 20/05/2016 18:15 WIB
Unpad Kawal Pembangunan Berkelanjutan Lewat SDGs Center
Kiri ke kanan, Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya Unpad Sigid Suseno, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Arry Bainus, Tokoh Pembangunan Berkelanjutan dari Universitas Indonesia Prof. Emil Salim, Direktur SDGs Center Unpad Prof. Armida S. Alisjahbana, dan Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi, dan Usaha Unpad Keri Lestari, berfoto bersama usai meresmikan SDGs Center Unpad di Bandung pada Jumat, (20/5)
Bisnis/Agne

Bisnis.com, BANDUNG - Universitas Padjadjaran (Unpad) menggelar peluncuran Center for Sustainable Development Goal Studies atau SDGs Center di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad Dipati Ukur, Bandung pada Jumat (20/5/2016).

Peresmian SDGs Center dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama, Inovasi, dan Usaha Unpad, Keri Lestari, yang mewakili Rektor Unpad, didampingi oleh Prof. Emil Salim, Prof. Armida S. Alisjahbana, dan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Arry Bainus, serta Wakil Rektor Bidang Tata Kelola dan Sumber Daya, Sigid Suseno.

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Kepada Masyarakat, Kerja Sama , Inovasi dan Usaha, Keri Lestari, mengatakan peluncuran Unpad SDGs Center merupakan satu momen yang bersejarah untuk Unpad.

"Unpad menuju univeristas generasi ketiga menjadi knowledge hub. Sejalan dengan kesepakatan SDGs tersebut di tataran akademis, Unpad juga mengadopsi platform untuk SDGs tersebut. Dengan SDGs Center ini, Unpad berperan aktif dalam mengawal pembangunan yang berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih baik ke depannya," ujarnya

Dalam sambutannya, Direktur SDGs Center Unpad, Prof. Armida S. Alisjahbana mengatakan, pendirian SDGs Center merupakan gagasan dari Rektor Unpad, Prof. Tri Hanggono Achmad, yang peduli dengan isu pembangunan berkelanjutan.

“SDGs juga telah menjadi komitmen semua negara di dunia. Belum pernah ada tujuan pembangunan yang integratif dan lengkap yang sudah jadi resolusi PBB seperti SDGs ini. Berarti semua komitmen untuk SDGs ini,” ujar Prof. Armida, Guru Besar Unpad yang saat ini juga menjadi penasihat independen PBB untuk SDGs.

Prof. Armida menambahkan Unpad SDGs Center menjadi kontribusi Unpad untuk melakukan sesuatu dengan keragaman ekspertis, networking dan kajian yang solid.

Sementara itu, Direktur Eksekutif SDGs Center Unpad, Arief Anshory Yusuf, memaparkan, misi SDGs Center Unpad adalah menghasilkan rekomendasi kebijakan berbasis penelitian serta menghasilkan inovasi dan strategi untuk mencapainya, memonitor kemajuan pencapaian SDGs secara independen, menjadikan SGDs sebagai arus utama dalam penelitian dan kebijakan, serta memfasilitasi dialog antar pemangku kepentingan.

"Semua misi tersebut ditujukan untuk visi pencapaian SDGs Indonesia pada tahun 2030," ujarnya.

Usai peresmian SDGs Center, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi panel yang menghadirkan Tokoh Pembangunan Berkelanjutan dari Universitas Indonesia, Prof. Emil Salim, dan Direktur King’s International Development Institute dari King’s College London, Andy Sumner, dan moderator Direktur Kerja Sama Unpad, Parikesit. (k5)

Apps Bisnis.com available on: