Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 28 Mei 2018

Rekor Baru, Berlian Pink Ini Terjual US$31 Juta

Newswire Rabu, 18/05/2016 14:43 WIB
Rekor Baru, Berlian Pink Ini Terjual US$31 Juta
Berlian Unique Pink yang berbentuk buah pir
Sothebys.com

Bisnis.com, JENEWA - Sebuah berlian yang langka berwarna pink berbentuk buah pir, terjual seharga US$31,46 juta dalam pelelangan pada Selasa (Rabu WIB), pihak Sotheby's mengatakan, namun sejumlah batu alam besar lainnya gagal mencapai target harga dari penjual.

Berlian Unique Pink yang memiliki kadar 15,38 karat dan dipasangkan di sebuah cincin, terjual kepada seorang kolektor swasta Asia yang mengikuti lelang melalui telepon, balai lelang itu mengatakan.

Berlian itu merupakan benda utama di pelelangan semi-tahunan Jenewa itu, dengan harga yang pada awalnya diperkirakan menembus US$28-38 juta.

"Pink unik mencatat sebuah rekor dunia baru atas sebuah berlian berwarna pink, berlian itu mendapatkan harga terbesar yang pernah dibayarkan untuk sebuah berlian pink," David Bennett, kepala divisi perhiasan internasional Sotheby's mengatakan kepada para wartawan.

Berlian yang diberi nama "Sweet Josephine," dengan kadar 16,08 karat, memecahkan rekor sebelumnya dengan harga US$28,5 juta di balai lelang Christie's pada November, dan masih mempertahankan harga per karat dalam kategorinya.

Secara keseluruhan, hasil penjualan bersih Sotheby's sebesar US$175,2 juta. Mereka mencatat hasil penjualan sebesar US$160 juta pada tahun sebelumnya.

Secara keseluruhan, 83,2% dari 488 benda yang ditawarkan mendapatkan pemilik barunya, namun "Batu Rubi Kaisar" berada di antara yang tidak mendapatkannya, dengan hanya memperoleh 3,6 juta franc.

"Terdapat beberapa batu mulia lainnya yang harga jualnya mengecewakan namun secara keseluruhan penjualannya dikatakan sukses," Bennett mengatakan.

Sebuah koleksi 29 berlian Inggris oleh peminat perhiasan asal Perancis, Cartier, terjual seharga US$3,4 juta, dua kali lipat dari harga perkiraan terendahnya, kata dia.

Sebuah "rekor dunia baru" untuk sebuah perhiasan dicatat oleh peminat perhiasan dari Paris, Alexandre Reza, sebuah bros bertahtakan berlian biru dengan berlian lainnya yang laku seharga US$13,4 juta.


Apps Bisnis.com available on: