Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 20 Oktober 2017

Pemkot Cimahi Akan Segera Launching Wisata Sejarah

Hedi Ardia Selasa, 10/05/2016 12:19 WIB
Pemkot Cimahi Akan Segera Launching Wisata Sejarah
Pemkot Cimahi

Bisnis.com, CIMAHI - Pemkot Cimahi menargetkan wisata sejarah atau Cimahi Heritage Tourism akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. Progres menuju hal tersebut saat ini diperkirakan sudah mencapai 70%.

Kasie Kebudayaan dan Pariwisata Diskopindagtan Kota Cimahi Nursaleh mengatakan, secara teknis pelaksanaan untuk wisata bangunan sejarah yang ada di Cimahi ini sudah siap dilaksanakan dan dilaunching. Untuk itu, pihaknya masih menunggu lampu hijau dari Wali Kota.

Untuk tahap awal,  wisata heritage akan digratiskan terlebih dahulu. Pasalnya, Cimahi Heritage ini memang direncanakan untuk mengedukasi masyarakat, khususnya pelajar.
Langkah selanjutnya, akan dibicarakan lagi dengan berbagai pihak. Mungkin saja ke depannya wisata tersebut dikenai tarif untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Cimahi.

"Dirembukan lagi dan harus dipikirkan lagi. Kita harus memikirkan PAD," katanya, kepada wartawan, Selasa (10/5/2016).

Perihal anggaran untuk wisata heritage ini,  sejauh ini pihaknya belum menyentuh anggaran dari APBD.  Untuk keberlangsungan wisata tersebut, pihaknya akan menggandeng pihak swasta untuk bekerjasama. Sejauh ini sudah ada beberapa pihak swasta yang menyatakan kesiapannya.

Lebih lanjut dia menyampaikan, rencana Pemkot Cimahi yang akan mengembangkan wisata sejarah tersebut telah mendapatkan apresiasi dari Komisi Nasional Indonesia (KNI) untuk Unesco. Beberapa pekan sebelumnya,  pihaknya sudah diundang oleh KNI Unesco untuk mempresentasikan mengenai potensi wisata bangunan bersejarah di Kota Cimahi.

"Kami memenuhi undangan dari KNI untuk Unesco. Berbagai pihak sudah memberikan persetujuan termasuk kemarin dari KNI untuk Unesco," ujarnya.

Apps Bisnis.com available on: