Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 Agustus 2018

Kabupaten & Kota Bandung Sepakat Bangun Ekonomi Di Perbatasan

Adi Ginanjar Maulana Jum'at, 01/04/2016 07:12 WIB

Bisnis.com, BANDUNG--Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung rencananya akan memperkuat kerjasama lintas wilayah yang bertujuan agar efektifitas dan efesiensi dalam menyelesaikan berbagai persoalan lintas batas lebih optimal.

"Menindaklanjuti rapat antara Wali Kota Bandung dan Bupati Kabupaten Bandung telah menghasilkan beberapa kesepakatan yang nanti akan dituangkan dalan nota kesepakatan yang mencakup beberapa ruang lingkup," ujar Sekretaris Daerah Kota Bandung, Yossi Irianto ketika menerima kunjungan Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Sofian Nataprawira, lengkap beserta para kepala SKPD dari kedua daerah tersebut di Ruang Tengah Balaikota Bandung, Jl. Wastukancana, Kamis (31/03/2016) petang.

Nota kerja sama penataan lintas daerah yang akan ditandatangani kedua kepala daerah tersebut berisi sembilan ruang lingkup di antaranya bidang penataan infrastruktur perkotaan yang mencakup penanggulangan masalah persampahan dan banjir.

"Tidak hanya masalah persampahan dan banjir, terkandung juga ruang lingkup penataan kawasan dan ruang publik karena kita mempunyai ruang-ruang publik yang sama," terang Yossi.

Permasalahan lainnya yang tertulis dalam draft kesepakatan tersebut adalah transportasi dan perhubungan, pengembangan ekonomi kreatif, pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan pariwisata, promosi pengembangan industri, perdagangan, dan investasi.

"Seperti halnya nanti kita akan bersama-sama akan bekerjasama mempromosikan kedua daerah di Bandara Husein Sastranegara," katanya.

Yossi berharap dengan adanya kerja sama tersebut daerah-daerah yang berbatasan dengan Kota Bandung juga ikut menjalin kerja sama melaui mediasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

 "Agar terintegrasi kaitan perbatasan terutama permasalahan banjir sampah dan lainnya tidak bisa dituntaskan oleh masing-masing kabupaten kota tetapi harus ada campur tangan Provinsi Jawa Barat, secepatnya kita akan menemui sekda Provinsi" ucap Yossi.