Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 18 Februari 2018

Aher Geram Soal Penanganan Citarum, Tim Besar Dibentuk

Hedi Ardia Jum'at, 25/03/2016 16:57 WIB
Aher Geram Soal Penanganan Citarum, Tim Besar Dibentuk
(antara)

Bisnis.com, SOREANG--Geram dengan berbagai upaya penanganan Citarum yang tak kunjung berhasil selama ini, Pemprov Jabar kembali membentuk tim terbesar sepanjang sejarah penanganan Citarum.

Disebut terbesar karena akan melibatkan sejumlah pemda dan instansi terkait lainnya termasuk aparat keamanan.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menyatakan, tim tersebut akan mulai jalan pada Senin pekan depan untuk menginventarisasi masalah yang ada. Mereka yang terlibat TNI, Polri, Pemprov, Kejaksaan, BBWS dari pusat, Bappedas dari Kementerian Lingkungan Hidup, Dinas Cipta Karya, Bappenas, dan PT Indonesia Power sebagai pengguna air di kawasan sungai Citarum.

"Tim ini harus bekerjasama, entah itu namanya Satgas atau Samsat. Dalam sejarah, tim ini adalah yang terbesar," kata dia, kepada wartawan, Jumat (25/3/2016).

Dalan praktiknya tersebut akan merumuskan persoalan di Citarum. Setelah persoalan sampah yang menutupi sejumlah titik Sungai Citarum tak berarti permasalahan selesai.

Tim tersebut tidak hanya fokus menangani persoalan kelestarian Citarum, tapi juga meningkatkan pengawasan agar lebih ketat. Terlebih, dalam tim itu, ada keterlibatan TNI dan kepolisian.

Tak dilupakan partisipasi aktif masyarakat pun andil besar. Oleh karenanya, sosialisasi akan terus dilancarkan agar masyarakat tidak membuang sampah ke sungai. Selain sampah, juga limbah baik itu limbah kecil ataupun besar.

"Membuang limbah kecil hukumnya haram, limbah besar hukumnya sangat haram, limbah industri hukumnya haram jaddah," paparnya.

 

Apps Bisnis.com available on: