Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Ini Cara Perbaiki Metabolisme Tubuh Yang Lambat

Selly Astari Octaviani Selasa, 15/03/2016 09:45 WIB
Ini Cara Perbaiki Metabolisme Tubuh yang Lambat
Ilustrasi
Mirror

Bisnis.com, BANDUNG – Jangan mengabaikan pentingnya metabolisme dalam tubuh. Metabolisme dalam tubuh merupakan satu set proses biochemical yang mentransformasi makanan menjadi energi tubuh. Seluruh proses kimia itu secara terus menerus aktif di dalam tubuh seseorang. Jika seseorang dapat mempengaruhi metabolisme dalam tubuhnya, itu akan membuat perbedaan yang besar. Berikut cara untuk memperbaiki metabolisme tubuh:

1. H.I.I.T
Salah satu cara untuk melakukan makeover pada metabolisme tubuh ialah H.I.I.T atau high-intensity interval training. Metabolisme dalam tubuh seseorang merupakan produk langsung dari tingkat aktivitas seseorang, artinya ketika seseorang beristirahat, maka metabolismenya akan melambat. Jika tubuh terlibat dalam pekerjaan yang membutuhkan intensitas tinggi, berarti tubuh akan dipaksa untuk melakukan aktivitas yang lebih tinggi dibandingkan biasanya, konsekuensinya metabolisme tubuh akan mengambil langkah agar sesuai dengan kondisi fisik.

2. Tidur teratur
Bersamaan dengan olahraga yang baik, tidur teratur juga merupakan kunci yang dapat memulai metabolisme tubuh. Dengan memenuhi kebutuhan tidur selama tujuh hingga delapan jam akan meningkatkan energi tubuh dan secara alami meningkatkan produktivitas diri seseorang. Sedangkan, seseorang yang hanya tidur selama empat jam telah terbukti bahwa kalori yang terbakar saat malam hari lebih lambat dari mereka yang tidur selama tujuh hingga delapan jam.

3. Kecilkan pemanas
Bukti menunjukkan bahwa mengurangi suhu ruangan dapat menyebabkan sesuatu yang disebut dengan non-shivering temperature yang membantu mengaktifkan lemak “baik” coklat yang secara alami melindungi tubuh bukan lemak putih yang menyimpan kelebihan kalori. Pada dasarnya, suhu ruangan agak dingin lebih baik untuk metabolisme tubuh.

4. Hindari gula dan lemak jenuh
Inti dari masalah ini ialah bahwa diet yang sehat akan menerapkan metabolisme yang sehat dan diet sehat ialah mereka yang menghindari makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh. Jangan biarkan tubuh terbiasa dengan kebutuhan karbohidrat yang tinggi dan makanan dengan kandungan lemak yang tinggi. Jika sudah menjadi kebiasaan akan berbahaya dan melambatkan metabolisme tubuh. Ditambah dengan kemungkinan munculnya resiko diabetes tipe 2.

5. Mengangkat beban
Mengangkat beban seringkali dipandang hanya untuk memperkuat dan membentuk otot tubuh. Padahal, secara bersamaan, mengangkat beban akan memberikan dampak pada pembakaran kalori dan penurunan berat badan, serta mendapat tubuh yang ramping. Tak hanya itu, olahraga ini juga dapat menggurangi tingkat risiko kemunculan diabetes tipe 2 dan membantu mengendalikan glukosa yang juga membantu memulai metabolisme dan tetap bekerja dengan baik sebagaimana mestinya.

6. Diet ekstrim
Melambatnya metabolisme bisa disebabkan oleh diet yang ekstrim, seperti secara drastis mengurangi asupan makanan. Tubuh akan berpikir bahwa ada sesuatu yang salah sehingga ia akan mengganti mode tubuh pada mode bertahan hidup, yang berarti melambatkan metabolisme sepenuhnya karena mengira tubuh sedang kelaparan. Ini akan menajdi kebalikan dari apa yang diinginkan si pemilik tubuh.

7. Kendalikan porsi makan
Hati-hati terhadap porsi makan. Tubuh sangat sensitif jika asupan makanan terlalu banyak dan metabolisme tubuh akan memberikan reaksi yang negatif bersaingan dengan kalori yang terlalu banyak untuk dicerna. Karbohidrat adalah hal besar yang perlu diwaspadai, dalam hal ini dalam porsi yang benar. Tubuh tidak dapat merespon dengan baik jika harus mencerna banyak karbohidrat sekaligus.

Apps Bisnis.com available on: