Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 19 November 2017

Trend Pilkada Jalur Independen, Parpol Perlu Introspeksi

Maman Abdurahman Minggu, 13/03/2016 15:49 WIB
Trend Pilkada Jalur Independen, Parpol Perlu Introspeksi
ilustrasi
bisnis/jabar

Bisnis.com, CIREBON—Partai politik (Parpol) perlu berintropeksi diri saat trend maju di pemilihan kepala daerah (Pilkada) melalui jalur independent. Parpol harus mampu meningkatkan partisipasi dan memobilisasi masyarakat seperti para relawan yang maju lewat jalur independent.

Relawan yang memberikan dukungan terhadap calon pimpinan daerah dalam Pilkada bukanlah musuh bagi Parpol melainkan menjadi sebuah penyeimbang bagi kinerja Parpol.

“Anggota Parpol harus mampu lebih dari relawan dalam mendorong partisipasi masyarakat,” kata Wakil Ketua Fraksi PKB DPR, Maman Imanulhaq di Cirebon, Minggu (13/3/2016).

Maman mengungkapkan intropeksi bagi Parpol yaitu sejauh mana komitmen partai agar lebih bermanfaat bagi kemaslahatan masyarakat banyak dan para anggota Parpol harus lebih membumi dalam menyerap aspirasi dan keinginan rakyat.

“Keberadaan Parpol menjadi instrumen  penting dalam demokrasi maka Parpol harus bisa mewakili suara rakyat,” ujarnya.

Pernyataan tersebut diungkapkan Maman ketika ditanya komentarnya terkait keputusan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok untuk maju melalui jalur independent pada Pilkada DKI Jakarta yang keputusannya itu malah dianggap sebagai upaya deparpolisasi. (k3)

Apps Bisnis.com available on: