Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

Berlian Terbesar Ditemukan Di Angola

Ilman Sudarwan Selasa, 16/02/2016 16:12 WIB
Berlian Terbesar Ditemukan di Angola
Berlian yang ditemukan di Angola
Lucapa Diamond Company

Bisnis.com, ANGOLA - Berlian dalam ukuran besar yang dianggap sebagai salah satu dari yang terbesar yang pernah ada, ditemukan di bagian selatan benua Afrika.

Penambang dari perusahaan Australia menemukan berlian putih indah tersebut di bagian terpencil Provinsi Lunda Norte, Timur Laut Angola.

Menurut Lucapa Diamond Company, batu mulia tersebut diperkirakan memiliki kadar 404 karat dan berharga senilai 10 juta Pound.

Dilansir dari ABC Australia, kepala perusahaan tersebut, Miles Kennedy mengatakan berlian tersebut menjadi berlian terbesar yang pernah ditemukan di Angola.

“Kami tidak terbiasa menghargai berlian dengan 400 karat, tapi kalau kita melihat berlian dengan kualitas di bawah ini, kira-kira ini bisa berharga sekitar 20 juta dolar,” katanya.

Berlian tersebut memiliki panjang 7 cm mematahkan rekor berlian sebelumnya di Angola. Berlian bernama ‘bintang angola’ sebelumnya menjadi pemegang rekor sebelumnya sejak pertama kali ditemukan pada 2007.

Lupaca percaya bahwa berlian tersebut merupakan berlian tersbesar ke 27 yang pernah ditemukan di seluruh dunia.

Penemuan tersebut merupakan bagian dari proyek berlian Lulo, hasil kerja sama antara Lucapa dan perusahaan Angola bernama Rosas e Petalas and Angola’s National Diamond Company.

Lucapa sendiri telah melakukan kegiatan penambangan di daerah tersebut sejak Agustus tahun lalu. (m02)