Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 13 November 2018

6 Tanda Penyakit Jantung Yang Sering Dilupakan

Ilman Sudarwan Rabu, 10/02/2016 12:46 WIB
6 Tanda Penyakit Jantung yang Sering Dilupakan
Ilustrasi
Corbis

Bisnis.com, BANDUNG - Beberapa hal sepele seperti mendengkur, dan gusi berdarah mungkin sering tidak dianggap penting oleh sebagian dari kita. Akan tetapi, hal itu rupanya merupakan salah satu gejala penyakit jantung.

“Saat jantung dan arteri mulai mengalami kegagalan, gejalanya mu8ncul justru pada bagian-bagian yang tidak berhubungan dengan jantung,” ujar Dr John Erwin, tim ahli kardiologi dari Texa A&M Health Science Center.

Dr Erwin menjelaskan 6 gejala penyakit jantung yang mungkin tidak terlihat penting. Cobalah untuk tidah menyepelekan 6 gejala di bawah ini agar anda bisa terhindar dari penyakit jantung sejak dini.

1. Disfungsi seksual
Banyak orang beranggapan permasalahan disfungsi seksual adalah persoalan organ reproduksi manusia ataupun masalah otak. Namun, ternyata masalah seksual adalah gejala dari penyakit jantung.

Saat ada plak dalam pembuluh darah, seorang pria akan kesulitan mencapai atau mempertahankan ereksinya. Sedangkan untuk wanita, masa menopause adalah waktu yang cukup berbahaya untuk penyakit jantung.

“Menopause tidak sebabkan penyakit kardiovaskular, tapi meningkatkan risiko penyakit jantung karena perubaahan tekanan darah dan tingkat kolesterol,” kata Dr. Erwin.

2. Mendengkur
Tidur dengan orang yang biasa mendengkur keras memang kadang-kadang menyebalkan. Tapi, menurut Dr. Erwin, mendengkur justru merupakan salah satu gejala penyakit Jantung.

Mendengkur merupakan bagian dari tidur apnea, yaitu waktu di mana anda berhenti bernafas saat tidur. “Tidur Apnea diasosiasikan dengan banyak perubahan psikologis yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantuing dan stroke,” ujar Dr. Erwin.

Jadi, jika lain kali anda mendengar teman anda mendengkur saat tidur. Ada baiknya menyarankan mereka pergi ke dokter ketimbang komplain dengan dengkuran mereka.

3. Gusi berdarah
Pasti anda tidak berpikir masalah pada gusi adalah masalah yang behubungan dengan penyakit jantung. Rupanya, gusi berdarah adalah gejala periodontis.

Menurut Dr. Erwin, selain sangat bebahaya untuk kesehatan mulut, periodontis juga bisa memengaruhi baguian tubuh lain. Hal ini juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung.

4. Sakit bahu dan leher
Beberapa orang mengatakan saaat terkena serangan jantung, mereka merasa ada gajah yang duduk di dada mereka.

Ada juga yang merasa jantungnya diremas sekencang-kencangnya. Tapi, rupanya tidak semua orang merasakan hal yang sama.

Untuk beberapa orang, mereka merasakan sakit di bagian leher, dagu, dan bahu saat terkena serangan jantung. Dan untuk sebagian orang, rasa sakit itu adalah gejala penyakit jantung atau serangan jantung.

5. Pembengkakan kaki
Kaki memang bisa mengalami pembengkakan untuk alasan-alasan tertentu. Akan tetapi, kaki yang membengkak juga bisa menjadi tanda gagal jantung.

Memang bisa saja pembengkakan tersebut terjadi karena alasan natural. Tapi jika pembengkakan tersebut terjadi secara konstan harus segera membawa dirinya ke dokter untuk memastikan hal tersebut tidak disebabkan oleh gagal jantung.

6. Maag
Penyakit maag memang jarang berujung serius. Tapi pada beberapa kasus, mereka yang merasakan sensasi terbakar di bagian atas abdomen mereka bisa jadi merupakan tanda penyakit jantung.

Saat anda terkena maag yang diikuti dengan keringat, nafas yang pendek, dan mual anda harus segera pergi ke dokter.

“Hal yang tidak biasa menemukan orang yang datang ke ruangan UGD setelah mereka memakan antacid beberapa jam sebelum mereka akhirnya sadar ada rasa sakit yang lebih di tempat lain,” ujar Dr. Erwin. (m02)