Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 20 Oktober 2017

Kehadiran Robot Akan Hilangkan Lebih Dari 5 Juta Pekerjaan

Ilman Sudarwan Selasa, 19/01/2016 15:45 WIB
Kehadiran Robot Akan Hilangkan Lebih dari 5 Juta Pekerjaan
Ilustrasi
workinprowess.com

Bisnis.com, DAVOS - Lebih dari 5 juta pekerjaan akan lenyap pada tahun 2020 karena perkembangan genetika, kecerdasan buatan, robot dan beberapa perkembangan teknologi lainnya. Pernyataan tersebut dikutip dari penelitian oleh Forum Ekonomi Dunia (WEF).

Sekitar 7 juta lowongan pekerjaan akan hilang dan 2 juta lowongan pekerjaan baru. Lowongan pekerjaan baru tersebut muncul akibat perkembangan teknologi pada 15 kemajuan dan perkembangan ekonomi besar.

Pendiri WEF, Klaus Schwab dan Richard Samans menyebutnya sebagai “Masa Depan Pekerjaan”. Hasil tersebut didapatkan dari survei yang dilakukan pada 15 bidang ekonomi yang menaungi 1,9 miliar pekerja, atau sekitar 65% dari total pekerja di seluruh dunia.

Hubungan antara fisik, digital dan biologis akan menghasilkan industri revolusi keempat. WEF akan menyampaikan gagasan tersebut pada pertemuan tahunan antara para pembuat kebijakan, akademisi, dan ekonom di Davos, Swiss.

Isu tersebut telah menjadi pembicaraan hangat. Bahkan telah menjadi ide utama untuk membuat buku. Seperti dalam buku The Second Machine Age dan The Rise of The Robots. Kepala ekonom Bank of England, Andy Haldane juga sudah memperingatkan soal jutaan perkerjaan yang tengah berada di ujung tanduk.

“Untuk penghindari skenario terburuk – perkembangan teknologi membuat banyak pengangguran dan semakin memperbesar ketidakmerataan – menambah dan memperbaiki kemampuan pekerja hari ini menjadi hal yang sangat penting,” katanya. “Tidak mungkin melewati revolusi teknologi ini dengan menunggu generasi selanjutnya agar lebih siap.”.

Survei ini dilakukan di Australia, Brazil, China, Prancis, Jerman, India, Italia, Meksiko, Jepang, Afrika Selatan, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

“Peranan bisnis secara aktif untuk mendukung para pekerja mereka saat ini melaui pelatihan, pemerintah harus membuat lingkungan yang tepat, cepat dan kreatif, untuk membantu para pekerja mereka,” (m02)

Apps Bisnis.com available on: