Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 16 Desember 2017

Jaring Wisatawan, Fasilitas Gua Pawon Harus Tingkatkan

Hedi Ardia Senin, 11/01/2016 15:07 WIB
Jaring Wisatawan, Fasilitas Gua Pawon Harus Tingkatkan
Situs Gua Pawon
Bandungdiary

Bisnis.com, NGAMPRAH - Gabungan pengusaha tambang Karst Citatah, Kabupaten Bandung Barat, menyatakan dukungannya dalam pengembangan kawasan situs purbakala Gua Pawon menjadi salah satu destinasi wisata purbakala di Indonesia.

Ketua Gabungan Pengusaha Tambang (Gaperta) Karts Citatah, Dadang Ramon mengakui, kegiatan penambangan di kawasan karts Citatah bisa mengganggu keberlangsungan lokasi situs Gua Pawon. Pemerintah diharapkan membuka mata bahwa kawasan Gua Pawon yang menjadi situs purbakala satu-satunya di Jawa Barat ini memang sangat bagus dikembangkan.

"Memang penambangan Karst Citatah masih berlangsung, tapi pengusaha itu tahu mana yang boleh ditambang dan mana yang tidak boleh ditambang," katanya, kepada wartawan, Senin (11/1/2016).

Menurutnya, dukungan konkret pemerintah dalam mengembangkan Gua Pawon dengan memperbaiki sarana dan prasarananya. Semisal dengan membangun tempat parkir yang memadai dan menambah tempat rekreasi seperti flying fox dan sebagainya.

Selain itu, pemerintah pun disarankan untuk menambah tempat rekreasi baru agar wisatawan yang datang tidak bosan menjadi magnet bagi wisatawan lainnya. Besarnya modal yang harus dikeluarkan untuk peningkatan dan penambahan fasilitas itu bisa dilakukan dengan mengundang investor yang berminat di sektor pariwisata.

Selain bisa mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) bagi Pemkab Bandung Barat, goa yang konon manusia purba homo sapiens berusia 6.000 - 9.000 tahun ditemukan itu bisa menjadi tempat mencari mata pencaharian baru untuk masyarakat lokal dengan membuka kios dagangan dan cinderamata.

"orang-orang sekitar Gua Pawon jadi tidak melulu cari uang dari hasil tambang kapur, namun bisa membuka dagangan kalau memang pemerintah serius mengembangkan lokasi wisata purbakala ini," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: