Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 November 2017

Pemda Ramai-Ramai Suntik Modal BPR

Abdalah Gifar Rabu, 06/01/2016 19:40 WIB
Pemda Ramai-Ramai Suntik Modal BPR
ilustrasi
antara

Bisnis.com, BANDUNG—Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat, sejumlah pemerintah daerah gencar menyutikkan modal guna meningkatkan kinerja BPR yang dimilikinya, di antaranya Kota Bandung dan Kabupaten Indramayu.

Pemerintah Kota Bandung menggelontorkan dana sekitar Rp30 miliar kepada PD BPR Kota Bandung pada awal tahun lalu untuk program Kredit Melati (Melawan Rentenir) bagi pelaku usaha mikro, kecil menengah (UMKM) di Kota Bandung.

Untuk tahun ini, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyatakan pihaknya akan mengupayakan kucuran modal tambahan dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) sekitar Rp150 miliar.

“Saya dan Mang Oded akan berupaya secara politis agar hal ini bisa tercapai. Saya juga minta ke direksi untuk bekerja keras mencapai 100.000 penerima kredit, misalnya dengan memperbesar sistemnya,” katanya, Rabu (6/1/2016).

Sementara itu, Pemkab Indramayu menganggarkan dana sebesar Rp5 miliar pada APBD-P 2015 untuk penyertaan modal PD BPR Kab.Indramayu, di mana angka tersebut baru 20% dari total kewajiban penyertaan modal sesuai dalam Peraturan Daerah, yaitu sebesar Rp50 miliar.

Riza Aulia Ibrahim, Direktur Pengawasan Bank Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 2 Jawa Barat, mengatakan penyertaan modal bagi PD BPR itu tidak terlepas dari program kerja pemerintah kabupaten/kota bersangkutan.

“Banyak PD BPR di kabupaten/kota sudah berkinerja cukup bagus dan sejalan dengan program kerja pemdanya,” sebutnya.

Apps Bisnis.com available on: