Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 18 Desember 2017

Larangan Angkutan Barang: Kargo Di Soekarno-Hatta Tak Terganggu

Wisnu Wage Kamis, 31/12/2015 08:38 WIB
Larangan Angkutan Barang: Kargo di Soekarno-Hatta Tak Terganggu

Bisnis.com, BANDUNG—Pelarangan beroperasinya angkutan barang oleh Kementerian Perhungan selama libur Akhir Tahun ini tidak berpengaruh pada lonjakan kargo di Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT AP II Budi Karya Sumadi mengatakan pelarangan tersebut tidak berpengaruh pada arus masuk kargo ke bandara internasional tersebut. Menurutnya dari sisi volume setiap akhir tahun pihaknya tidak terlalu banyak menerima pengiriman barang. “Tidak terlalu besar volumenya, jadi tidak terlalu berpengaruh,” katanya di Bandung, Rabu (30/12).

Menurutnya sampai saat ini tidak ada fluktuasi pengiriman barang dari Soekarno-Hatta dari jalur darat. Ini berbeda halnya dengan tingkat okupansi di Bandara Soekarno-Hatta dan sejumlah bandara yang dikelola AP II. “Okupansi tahun baru, ada kenaikan di bandara Kertajati dan bandara lainnya 5-10%,” paparnya.

Kenaikan penumpang sebesar 10% ini terasa di bandara-bandara kecil seperti Jambi dan Pekanbaru. Sementara untuk Jakarta dan Bandung, menurutnya kenaikan hanya mencapai 5%. Kondisi ini menurutnya tidak menyumbang pada total jumlah penumpang di 13 bandara yang dikelola AP II. “Kenaikannya hanya sedikit 2-3%,” katanya.

Apps Bisnis.com available on: