Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Berbenah, Maribaya Hot Spring Targetkan 300 Wisatawan

Hedi Ardia Rabu, 23/12/2015 16:02 WIB
Berbenah, Maribaya Hot Spring Targetkan 300 Wisatawan
Wisatawan menikmati kawasan Maribaya Natural Hot Spring Resort

Bisnis.com, NGAMPRAH - Maribaya Natural Hot Spring Resort sebagai objek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat di Kecamatan Lembang, resmi beroperasi per Rabu (23/12/2015).

Maribaya sebenarnya aset milik Pemkab Bandung Barat. Tapi, karena seiring perjalanan waktu objek wisata legenda masyarakat di Kawasan Bandung Utara (KBU) ini kehilangan pamornya.

Atas dasar itu, pemda berinisiatif melakukan penjajakan dengan investor yang dalam hal ini PT Akurasi Kuat Mega Indonesia untuk melakukan revitalisasi atas objek wisata yang mengandalkan suasana hutan dan pemandian air panas tersebut.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan, proses pembenahan fasilitas Maribaya membutuhkan waktu lama hingga dua tahun lamanya. Karena pemda menginginkan investor yang masuk mampu mengelolanya dengan penuh kecintaan terhadap keseimbangan alam.

"Pembangunan di KBU selalu dituntut keseimbangan lingkungan. Investasi disini syaratnya tidak boleh ada pohon yang ditebang," katanya, kepada wartawan usai grand opening Maribaya Natural Hot Spring Resort, Rabu (23/12/2015).

Selain itu, dirinya pun mengingatkan anak buahnya untuk bersinergi dengan manajemen Maribaya agar mengingatkan masyarakat setempat untuk tidak membuang kotoran sapi ke sungai.

Masalahnya, pemandian air panas Maribaya itu terletak di dasar sungai sehingga memang mengandalkan kondisi air yang bersih agar bisa dinikmati wisatawan yang datang.

Direktur PT Akurasi Mega Indonesia Lucki Sunaryo mengungkapkan alasannya mau mengelola Maribaya ada panggilan hati lantaran dirinya lahir dan besar di Bandung. Maribaya menjadi kebanggan masyarakat Bandung dan Jawab Barat.

Selain itu, potensi yang bisa dijual dari Maribaya sangat banyak. Bahkan secara keseluruhan, potensi wisata Bandung Barat sangat besar dan perlu terus dimaksimalkan.

"Kami targetkan kunjungan wisatawan per harinya 200-300 orang. Mayoritas mereka yang datang dari sekitar Jabodetabek," paparnya.

Apps Bisnis.com available on: