Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Harga Beras Di Cirebon Tak Kunjung Turun

Maman Abdurahman Senin, 21/12/2015 20:40 WIB
Harga Beras di Cirebon Tak Kunjung Turun
Antara

Bisnis.com, CIREBON—Kemarau panjang yang terjadi sepanjang tahun 2015 telah memicu harga berbagai kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) yang pada akhir tahun ini berada di level Rp10.500-Rp11.000/kg.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cirebon menyebutkan sebagian harga Kepokmas sejak November-Desember 2015 cendrung stabil di level tinggi, hal itu dipicu oleh kemarau panjang yang cukup mengganggu produksi kebutuhan masyarakat.

“Biasanya kalau harganya naik beberapa pekan kemudian harganya turun, kalau ini tetap dan tak kunjung turun,” kata Dini Dinarsih, selaku Kepala Seksi Bidang Perdagangan Dalam Negri Disperindag Kabupaten Cirebon, Senin (21/12/2015).

Dini mengungkapkan selain beras, harga sayur-sayuran juga banyak yang mengalami kenaikan karena produksi berkurang akibat kemarau panjang misalnya harga bawang merah yang saat ini di kisaran Rp20.000/kg.

“Beberapa pekan terakhir harga bawang merah terus naik dari harga awalnya hanya Rp12.000/kg,” ujarnya. Dini menambahkan harga-harga Kepokmas yang juga mengalami kenaikan adalah harga telur, daging ayam akan tetapi secara umum yang banyak mengalami kenaikan adalah komoditi sayur-sayuran karena sangat bergantung terhadap kondisi cuaca. (k3)

Apps Bisnis.com available on: