Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 15 Desember 2017

Harga Telur Ayam Di Cirebon Merangkak Naik

Maman Abdurahman Minggu, 13/12/2015 10:07 WIB
Harga Telur Ayam di Cirebon Merangkak Naik
Telur ayam

Bisnis.com, CIREBON—Harga telur ayam di Kabupaten Cirebon Jawa Barat merangkak naik sejak beberapa hari terakhir, bahkan di tingkat pengecer harganya tembus Rp24.000/kg.

Kalangan peternak ayam petelur di wilayah III Cirebon sebelumnya telah memperkirakan kenaikan telur ayam di pasaran akibat kelangkaan jagung sebagai komponen utama pakan ternak setelah pemerintah menyetop impor jagung.

Junasih salah satu pengusaha cake and bakery di Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon mengatakan harga telur ayam bervariasi akan tetapi secara keseluruhan memang mengalami kenaikan.

Dia menuturkan jika membeli telur ayam di supermarket harganya di bandrol Rp21.000/kg, harga telur ayam di toko grosir Rp23.000/kg sedangkan jika membeli di toko-toko kecil harga telur ayam mencapai Rp24.000/kg.

“Biasanya saat musim hujan, harga telur cendrung naik kemungkinan terjadi masalah pada distribusi,” katanya, Minggu (13/12/2015).

Sebelumnya, Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelur Mitra Mandiri di Kabupaten Kuningan, Engkos Kosasih mengatakan telur ayam di Kabupaten Cirebon dan Kota Cirebon kebanyakan dipasok dari luar Jawa dan sebagian lainnya dari Kabupaten Kuningan.

“Masalah kelangkaan bahan pakan jelas dirasakan seluruh peternak, adapun untuk telur dari luar Jawa biasanya kendala pada distribusi,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: