Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

Antisipasi Banjir, BPBD Kabupaten Bandung Siapkan 20 Perahu

Hedi Ardia Kamis, 12/11/2015 16:42 WIB
Antisipasi Banjir, BPBD Kabupaten Bandung Siapkan 20 Perahu
bandung.bisnis.com

Bisnis.com, SOREANG - Guna mengantisipasi terjadinya banjir di Kab Bandung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menyiapkan 20 unit perahu untuk diserahkan masyarakat di sejumlah desa rawan banjir. Perahu-perahu tersebut akan digunakan untuk mengevakuasi warga korban banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Bandung, Tata Irawan Sobandi mengatakan, jenis perahu yang akan diserahkan itu adalah terbuat dari kayu untuk diserahkan ke warga korban yang menjadi langganan banjir seperti Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

"Perahu akan diberikan apabila ada permohonan dari desa yang wilayahnya menjadi langganan banjir. Jadi ini sesuai kebutuhan masyarakat yang disampaikan melalui Musrenbang,"kata Tata, di Soreang, Kamis (12/11/2015).

Dipilihnya perahu kayu ini, karena bentuknya ramping sehingga bisa masuk ke dalam lorong atau gang sempit. Sehingga, lebih efektif dalam menangani korban banjir oleh relawan dari masyarakat itu sendiri.

Tak hanya perahu kayu, pihaknya pun telah menyiapkan perahu karet, pelampung badan, sepatu karet serta keperluan kebencanaan lainnya. Tak hanya itu, BPBD pun mengaku telah menyiapkan kebutuhan logistik warga.

"Untuk perahu sudah kami siapkan di kantor, kalau dibutuhkan tinggal diturunkan, begitu juga peralatan lainnya seperti pelampung badan, sepatu karet dan lainnya sudah disiapkan," ujarnya.

Meski hujan sudah mengguyur sejumlah wilayah di Kab Bandung, sejauh ini yang terjadi baru sebatas banjir cileuncang dibeberapa titik jalan, seperti di Majalaya dan Katapang. Untuk penanganan banjir cileuncang ini, kata dia, pihaknya bersama-sama dengan kecamatan, desa dan masyarakat akan segera melakukan pembersihan sampah yang menyumbat drainase.

 

Apps Bisnis.com available on: