Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 22 November 2018

India Minta Ratu Elizabeth II Kembalikan Berlian Kohinoor

Ajijah Selasa, 10/11/2015 18:37 WIB
India Minta Ratu Elizabeth II Kembalikan Berlian Kohinoor
Ratu Elizabeth II saat mengenakan mahkota The Imperial State Crown yang terdapat berlian Kohinoor
Indiadivine.org

Bisnis.com, NEW DELHI - Sebuah kelompok yang terdiri dari pengusaha India dan artis Bollywood berencana mengajukan permohonan resmi untuk memaksa Inggris menyerahkan kembali berlian Koh-i-noor atau Kohinoor ke India.

Kelompok tersebut bahkan telah memerintahkan tim pengacara untuk memulai prosesnya di pengadilan tinggi Inggris. Kelompok ini juga akan membawa kasus ini ke mahkamah internasional di The Hague.

Satish Jaku dari lembaga hukum Rubric Lois King mengatakan mereka akan merebut kembali berlian tersebut, dan menyebut Inggris telah mencuri berlian Koh-i-noor. Berlian ini merupakan salah satu batu berharga terbesar di dunia yang disimpan dalam mahkota Ratu Elizabeth yang dinamakan The Imperial State Crown dan dibuat pada 1937.

"Batu berharga tersebut adalah bagian dari sejarah dan budaya kami dan harus dikembalikan," kata aktris Bollywood Bhumicka Singh.

Berlian Koh-i-noor ini dipersembahkan ke Ratu Victoria pada tahun 1850 setelah perang antara Anglo-Sikh, yang mana saat itu pihak Inggris memegang kendali kekaisaran Sikh dari Punjab (kini terpecah antara Pakistan dan India).

Sementara mahkota The Imperial State Crown sendiri dibuat untuk Ratu Elizabeth I untuk perayaan naik tahtanya ratu pada 1937.

Surat kabar Inggris menyebutkan berlian 105 karat ini kini bernilai US$150 juta atau lebih dari Rp2 triliun. Dalam sejarahnya, berlian Koh-i-noor ini pernah dipegang oleh kerajaan Mughal dan Afgan.

Koh-i-noor atau Mountain of Light (gunung cahaya) ini secara tradisional hanya dikenakan oleh seorang ratu. Bila dikenakan oleh pria, maka akan membawa nasib buruk.

Dan kini, Ratu Elizabeth II mengenakan mahkota The Imperial State Crown beserta berlian Koh-i-noor saat acara kenegaraan tahunan di Gedung Parlemen Inggris. Sementara kesehariannya, mahkota ini tersimpan di Museum of London.