Jawa Barat - Bisnis.com
Selasa, 12 Desember 2017

6 Kesalahan Memiliki Kartu Kredit

Duwi Setiya Ariyanti Senin, 12/10/2015 15:34 WIB
6 Kesalahan Memiliki Kartu Kredit
Ilustrasi
Inmagine

Bisnis.com, JAKARTA--Memiliki kartu kredit bukan lagi hal yang aneh. Namun, beberapa di antara penggunanya belum mengetahui cara terbaik mengelola keuangan saat memiliki kartu kredit. Berikut 6 kesalahan ketika memegang kartu kredit seperti yang dikutip dari Allwomenstalk, Senin (12/10/2015).

1. Terlambat membayar tagihan

Banyak orang akhirnya terjerumus karena perkara sederhana terkait kedisiplinan. Tak saja terlambat masuk sekolah yang menjadi hantu ketika Anda mengenyam pendidikan. Telat membayar tagihan juga akan merenggut kehidupan Anda. Pasalnya, kemudahan membayar dengan kartu kredit tak sama saat Anda terlambat membayar tagihannya. Bunga membengkak dan akan membuat Anda mengeluarkan uang lebih banyak. Kesalahan ini juga akan membawa Anda ke hal buruk lainnya yaitu terjerat utang. Belum lagi, nantinya Anda tak akan mendapat kepercayaan untuk menggunakan produk keuangan lainnya karena Anda dinilai tak bisa berkomitmen.

2. Membayar di angka minimum

Kendati Anda telah menunaikan kewajiban dengan membayar tagihan tepat waktu, belum tentu semua baik-baik saja. Anda harus menyisihkan nominal lebih. Pasalnya, bila bunganya belum terhitung tentunya akan membawa dampak negatif bagi Anda. Tagihan Anda bisa naik berkali-kali lipat bila tak melihat bunga yang harus dibayarkan dari total utang.

3. Melakukan gesek tunai kartu kredit

Bila kartu kredit Anda mengizinkan Anda untuk melakukan penarikan uang tunai melalui kartu kredit, jangan lakukan hal itu apapun yang terjadi. Memang banyak keuntungan yang bisa didapat pemegang kartu kredit dengan tindakan ini. Kendati demikian, hal ini terlarang karena rawan penyalahgunaan. Pasalnya, sejatinya kartu kredit merupakan alat pembayaran bukan alat berutang. OIeh karena itu, bila Anda membutuhkan uang bisa mengambil dana yang tersimpan pada tabungan melalui kartu debit di anjungan tunai mandiri.

4. Tidak memanfaatkan fitur 

Ketika Anda memilih kartu kredit, jangan hanya melihat besar bunganya saja. Penting juga untuk melihat penawaran-penawaran terbaik. Pasalnya, kini, tiap bank berlomba-lomba menarik konsumen dengan sejumlah penawaran menarik. Oleh karena itu, di samping bunganya yang rendah hal lain yang perlu Anda jadikan pertimbangan adalah penawarannya. Namun, semua jadi percuma bila Anda tak mengetahuinya. Ini akan menjadi kehilangan yang cukup besar karena pembelian tiket pesawat, belanja elektronik hingga potongan harga hotel sebenarnya bisa Anda dapatkan.

5. Punya banyak kartu kredit

Memiliki banyak kartu kredit tak akan mudah bagi Anda. Pasalnya, Anda harus memastikan semua tagihannya terbayar tepat waktu. Dengan demikian, bila memang Anda sangat suka belanja, memiliki banyak kartu kredit bukanlah cara untuk memenuhi keinginan. Lagi pula, kepemilikan kartu kredit sangat bergantung dengan pendapatan Anda. Di Indonesia sendiri, pemerintah menetapkan peraturan yang menyebut bahwa orang dengan pendapatan di bawah Rp10 juta hanya diperbolehkan memiliki maksimal dua kartu. 

6. Digunakan untuk membiayai kebutuhan pokok

Usahakan agar kartu kredit tak digunakan untuk membeli kebutuhan pokok seperti pakaian dan makanan. Rencanakan keuangan Anda dengan baik, termasuk menggunakan kartu kredit untuk apa. Pasalnya, bunga yang besar akan membawa Anda ke masalah lain. Dengan begitu, perlu pertimbangan ketat sejak Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit mulai dari penggunaannya dan bagaimana mengatur keuangan Anda. Jangan sampai, bukan keuntungan yang didapat melainkan masalah keuangan yang menyulitkan Anda. 

Apps Bisnis.com available on: