Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 13 Desember 2018

Gunung Papandayan Masih Dilalap Api

Newswire Minggu, 13/09/2015 19:00 WIB
Gunung Papandayan Masih Dilalap Api
Gunung Papandayan di Garut

Bisnis.com, BANDUNG--Badan Penanggulangan Bencana Daeah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyatakan sejak sepekan lalu kawasan hutan di Gunung Papandayan masih terbakar sehingga mengancam areal pertanian milik masyarakat.

"Sampai saat ini masih menyala, terlihat masih ada asap tebal, jadi belum padam," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Dadi Zakaria melalui telepon seluler, Minggu.

Ia mengatakan, luas lahan hutan yang terbakar diperkirakan mencapai 150 hektare lebih.

"Kita belum konfirmasi lagi dengan BKSDA berapa luas lahan yang terbakar. Diperkirakan sudah lebih 150 hektare," kata dia.

Ia mengatakan, BPBD bersama tim gabungan lainnya sepeti BKSDA dan sukarelawan telah berupaya membantu memadamkan api di tengah hutan itu secara manual dengan membuat sekat lalu kobaran api dipadamkan dengan cara dipukul-pukul.

"Lokasinya sangat jauh ditempuh perjalanan dua jam dari parkir pintu utama Papandayan, medannya juga sangat berat, cara pemadamannya kami lakukan secara manual," katanya.

Upaya pemadaman sudah berlangsung sejak dikabarkan telah terjadi kebakaran hutan di Gunung Papandayan, Minggu pekan lalu (6/9).

Api berasal dari Pondok Saladah kemudian angin kencang menyebarkannya ke ranting-ranting kering sehingga kebakaran meluas ke sejumlah blok.

"Sekarang kan lagi kemarau terus angin kencang, sehingga kebakaran terus meluas, sementara kebakaran masih berada di kawasan BKSDA," kata dia.