Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

Wisata Pantai Indah Di Trenggalek Jawa Timur

Wisnu Wardhani Senin, 31/08/2015 07:56 WIB
Wisata Pantai Indah di Trenggalek Jawa Timur
Bermain-main air di pantai Prigi (JIBI/Harian Jogja
Wisnu Wardhani)

Harianjogja.com, TRENGGALEK-Kabupaten Trenggalek yang berada di daerah pesisir selatan Jawa timur memiliki banyak potensi wisata, terutama yang terkait dengan laut. Beberapa destinasi wisata menarik dengan panorama pantai yang indah banyak dijumpai di sini. Bagaimana keindahan pantai di Trenggalek?

Pesona pantai di Trenggalek inilah yang mendorong saya untuk mencoba menjelajahinya. Pantai Prigi adalah salah satu nama pantai yang sudah sering saya dengar. Pantai Prigi ini terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, atau sekitar 48 kilometer arah selatan Kota Trenggalek.

Di Trenggalek, pantai yang populer di kalangan wisatawan di yaitu deretan Pantai Prigi-Karanggongso. Di lokasi ini akses jalan cukup mulus, fasilitas, sarana dan prasarana pantai juga memadai. Dan yang tak kalah menariknya adalah banyak pilihan tempat wisata. Selain Pantai Prigi dan Pantai Karanggongso, ada Pantai Damai, hutan wisata mangrove dan lainnya.

Sebagai destinasi wisata yang populer, pemerintah daerah setempat perhatian pemerintah daerah setempat juga cukup besar. Ini bisa dilihat dari banyaknya papan petunjuk arah ke tempat tersebut. Ini yang memudahkan wisatawan yang baru pertama datang ke tempat tersebut untuk menemukannya.

Selain menjadi objek wisata, ternyata Pantai Prigi juga merupakan salah satu pelabuhan sehingga banyak kapal nelayan yang bersandar di sana. Bahkan saat-saat tertentu para nelayan di sana akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo, yang merupakan upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah.

Di sini kami pun menyempatkan diri untuk menikmati makanan laut khas daerah setempat. Harga yang ditawarkan pun sangat murah dengan aneka jenis hasil laut. Ada ikan salmon, tongkol, cumi, kerang dan lain-lainnya. Berbagai olahan bisa dipilih oleh wisatawan. Mau dibawa pulang untuk oleh-oleh juga bisa.

Pasir Putih
Pantai Pasir Putih adalah salah satu situs di rangkaian Pantai Prigi, Trenggalek, Jawa Timur. Setiap pantai di daerah Prigi memang memiliki keunikan yang berbeda. Salah satu yang mencolok di Pantai Pasir Putih dibandingkan pantai-pantai lain di daerah Prigi adalah warna pasirnya yang putih. Ada pula rangkaian koral di air dangkal yang menyajikan pemandangan tersendiri dan barisan perahu warna-warni yang siap mengantarkan wisatawan mengelilingi pantai dan melihat beberapa situs yang menarik di sekitar pantai. Jernihnya air membuat kita bisa melihat ikan-ikan kecil yang berenang di antara koral-koral yang ada.

Banyak hal yang bisa dilakukan di sini. Bisa duduk-duduk santai di tepi pantai di balik keteduhan rimbunan dedaunan sambil melihat pemandangan pantai yang indah dan mendengarkan debur ombak pantai yang dapat menghanyutkan segala kesumpekan dan kepenatan. Untuk anak kecil juga bisa bermain di pasir pantai sepuasnya atau bisa juga mengejar-ngejar ikan. Bisa juga sambil berenang dan bermain ombak di sepanjang bibir pantai.
Tidak perlu khawatir soal ombak karena ombak di sini tidak terlalu besar sebab pantai ini merupakan teluk dan pantai ini dilindungi oleh barisan karang. Barisan karang ini berfungsi sebagai pembatas antara laut dalam dan laut dangkal yang dihiasi koral. Selain itu juga berfungsi sebagai pemecah ombak sehingga ombak yang sampai di pantai sudah tidak terlalu berbahaya.

Jadi wisatawan juga bisa juga bermain-main air dengan ban. Banyak yang menawarkan ban untuk mereka yang akan main air laut dengan ban. Di sekitar pantai juga ada tali-tali bagi mereka yang bermain ban. Bahkan kalau yang ingin petualangan lebih lanjut dengan bermain air di tengah bisa menyewa banana boat.

Pantai Pasir Putih di Prigi merupakan salah satu situs yang menawarkan liburan bersama keluarga dengan kombinasi keindahan alam dan permainan bersama keluarga. Banyak pilihan buat wisatawan. Bahkan buat yang ingin menginap di sini juga tersedia.

Sewa Perahu
Kami sendiri bersama keluarga lebih memilih untuk menyewa perahu untuk melihat-lihat lokasi wisata yang ada di tempat tersebut. Kami berempat belas orang akhirnya menyewa satu buah perahu.

Harga yang ditawarkan bervariasi yaitu mulai Rp150.000 hingga Rp350.000, tergantung berapa banyak lokasi yang ingin kita lihat. Kami pun sepakat untuk membayar Rp350.000 dengan melihat 11 lokasi yang ada. Lokasi itu adalah Jembatan Luna Maya, Watu Dukun, Pantai Asmara, Watu Bentis, Pantai Karanggongso, Watu Manuk, Pantai Kecil, Rembeng, Pulau Mutiara, Karangrejo, dan Goa Merah.

Kami juga berhenti cukup lama di Pantai Kecil. Di sini, kami bermain-main air sepuasnya karena lokasinya sangat indah dengan pasir putih dan sedikit kehitam-hitaman bercampur. Pasirnya pun juga snagat lembut. Sedangkan ombak tidak terlalu besar sehingga aman untuk bermain-main air sepuasnya.

Sementara tukang perahu juga dengan sabar menunggu kami bermain-main air. Bahkan kami bermain-main air hingga matahari tenggelam. Setelah itu kami pulang dengan membawa kepuasaan dan keceriaan. Di perjalanan pulang, kami masih berdiskusi, ke mana lagi tujuan kami berwisata.