Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Ini Penyebab Kenaikan Harga Telur Ayam Di Cirebon

Maman Abdurahman Selasa, 25/08/2015 19:23 WIB
Ini Penyebab Kenaikan Harga Telur Ayam di Cirebon
Ilustrasi
Jibiphoto

Bisnis.com, CIREBON—Harga telur ayam di Kota Cirebon Jawa Barat terus mengalami kenaikan bahkan minggu ini harganya telah mencapai Rp23.000/kg atau lebih tinggi dari kenaikan harga telur ayam yang terjadi selama Ramadan-Idulfitri.

Dinas Perindustrian Koperasi UMKM dan Perdagangan Kota Cirebon memperkirakan kenaikan harga telur ayam terjadi akibat adanya masalah di daerah produsen sehingga memicu kenaikan harga di pasaran hingga tingkat konsumen.

Ketua Paguyuban Peternak Ayam Petelur “Mitra Mandiri” Kabupaten Cirebon Engkos Kosasih mengatakan pemicu kenaikan harga telur ayam di pasaran akibat berkurangnya populasi ayam petelur karena pada tahun sebelumnya peternak mengalami banyak kerugian.

Dia menuturkan selain berkurangnya populasi ayam, kenaikan harga khususnya pada komponen peternakan ayam seperti pakan ternak juga turut memberikan andil naiknya harga telur ayam karena sebagian besar komponen pakan ternak berasal dari impor.

“Yang paling jelas ya populasi ayam petelur yang kian berkurang, karena peternak kekurangan modal setelah mengalami kerugian besar tahun lalu,” katanya, Selasa (25/8/2015).

Engkos mengungkapkan kenaikan harga telur ayam memang telah diprediksi sebelumnya karena biasanya setelah peternak banyak mengalami kerugian biasanya memicu kenaikan harga seiring berkurangnya pasokan sementara permintaan telur ayam relatif stabil.

“Kalau populasi ayam berkurang otomatis pasokan telur berkurang dan harga jadi terdongkrak,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: