Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Wali Kota Bandung Tawarkan 2 Program Bagi Siswa Papua

Rida Widara Sabtu, 15/08/2015 06:10 WIB
Wali Kota Bandung Tawarkan 2 Program Bagi Siswa Papua
Ridwan Kamil

Bisnis.com, BANDUNG--Dalam menjalin kerja sama pendidikan dengan Provinsi Papua, Ridwan Kamil (Emil) akan memberikan dua program utama bagi siswa asal Papua.

Pertama, siswa sekolah menengah atas (SMA) yang melanjutkan pendidikan di Bandung akan ditempatkan di beberapa SMA swasta yang ada di Kota Bandung.

“Ada sekitar 70 lebih siswa SMA asal Papua yang akan ditempatkan di beberapa sekolah swasta di Bandung. Sementara ini masih di swasta dulu. Untuk ke negeri, kita akan coba cek dulu karena ada kebijakan afirmasi,” ujar Emil saat menerima kedatangan siswa Papua di Kantor Wali Kota Bandung, Jumat (14/8).

Setelah lulus dari SMA, mereka pun akan melanjutkan pendidikan kuliah gratis dan mencicipi pengalaman bekerja secara langsung.

Seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah dan kementerian terkait, di antaranya Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah serta Kementerian Dalam Negeri.

Kedua, siswa Papua akan diajarkan akulturasi budaya. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan generasi muda dari pedalaman Papua kepada budaya lain yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah lewat program keluarga asuh.

“Siswa Papua tidak hanya ditempatkan di asrama, tapi juga menginap di rumah warga Bandung. Jadi akan ada akulturasi budaya di antara keduanya, yakni keluarga di Bandung dengan anak-anak Papua. Seperti kalau pertukaran pelajar ke luar negeri lah,” tambah Emil.

Emil juga menginginkan sesuatu yang menarik untuk dialami siswa Papua selama berada di Jawa Barat. Akhir bulan ini, dia akan mengajak seluruh siswa tersebut untuk berlibur ke pantai Pangandaran, Ciamis.

Selain itu, mereka juga akan dilibatkan dalam kegiatan non akademis seperti sepak bola.
(m04)

Apps Bisnis.com available on: