Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 22 November 2018

Deddy Mizwar Resmikan Koperasi Seniman Pertama Di Indonesia

Wisnu Wage Rabu, 12/08/2015 16:11 WIB
Deddy Mizwar Resmikan Koperasi Seniman Pertama di Indonesia
Deddy Mizwar
Antara

 

Bisnis.com,BANDUNG--Kreasi, koperasi seniman berskala nasional pertama di Indonesia mendapat legalisasi dari Pemprov Jawa Barat.


Penyerahan akta legalitas Kreasi yang dihadiri perwakilan seniman, aktor dan aktris seniman, penggiat teater ini diberikan oleh Wagub Jabar Deddy Mizwar di Menara Gedung Sate, Bandung, Rabu (12/8/2015).

"Ini koperasi seniman pertama di Indonesia. Karena anggotanya seniman dari Jabar, Jakarta dan Banten jadi masuknya koperasi skala nasional," kata Wagub Deddy Mizwar.

Menurutnya sejak awal pendirian koperasi ini disokong penuh pihaknya dari mulai pembiayaan hingga akta legalitasnya, namun untuk SIUP dan NPWP akan dilakukan para pengurus yang diketuai Boy Kombayana.

Pihaknya mengaku ide pendirian koperasi ini sudah didengungkan dirinya sejak dua tahun lalu, gayung bersambut karena sedikitnya 50 seniman lintas bidang berkomunikasi untuk sepakat membentuk Kreasi. "Jadi Pemprov memfasilitasi," katanya.

Menurutnya pendirian koperasi akan menjadi jalan bagaimana para seniman bisa mensejahterakan dirinya. Juga bisa bersinergi agar berkreasi bersama untuk menjalankan bentuk badan usahanya ke depan.

"Selama ini hanya individu-individu, tapi tidak semua orang punya akses yang sama. Sekarang dengan koperasi berbagai akses bisa terbuka," katanya.