Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

Dampak El Nino: Produksi Ikan Tawar Di Jabar Turun 5%

Wisnu Wage Minggu, 02/08/2015 13:08 WIB
Dampak El Nino: Produksi Ikan Tawar di Jabar Turun 5%
Ilustrasi
Antara

Bisnis.com,BANDUNG--Kepala Dinas Perikanan  dan Kelautan Jabar Djafar mengungkapkan akibat kemarau berkepanjangan, produksi ikan di Jabar menurun di kisaran 5%.

“Penurunan produksi ikan saat ini masih di kisaran 5%. Penurunan produksi ikan tawar terjadi di sentra-sentra pemeliharaan dan pembibitan ikan yang menggunakan sarana waduk,” ujarnya di Bandung, Minggu (2/8/2015).

Dia menjelaskan penurunan produksi ikan di waduk seperti Cirata dikarenakan dalam musim kemarau permukaan menurun.

Dengan kondisi tersebut, ujar Djafar, kepada pengelola usaha perikanan diminta mengurangi penebaran ikan.

Oleh karena itu, dia menyarankan agar para peternak ikan air tawar memanen ikan sebelum usia dewasa. Hal itu untuk memperkecil kerugian dampak dari kekeringan.

“Kita kan sudah bisa memprediksi kemarau ini sampai November berdasarkan pantauan BMKG, jadi saya menyarankan para peternak ikan air tawar memanen ikan jangan menunggu sampai usia ikan dewasa, agar tidak kekurangan air pada saatnya,” ujar Djafar.

Menurut Djafar, saat ini ikan bisa dikonsumsi dalam berbagai usia, jadi tidak harus selalu ikan dewasa yang dikonsumsi.

“Sekarang kan masyarakat sudah bisa menikmati berbagi ukuran ikan untuk dikonsumsi. Ada ikan baby fish, ikan ukurang sedang dan lain-lain. Jadi tidak harus selalu menunggu ikan itu besar atau dewasa,” tuturnya.

Tetapi menurut Jafar, kebijakan memanen ikan sebelum usia dewasa itu khusus untuk menghadapi atau mengantisipasi musim kemarau yang berdampak pada kekeringan termasuk pada sektor peternakan ikan air tawar.

Apps Bisnis.com available on: