Jawa Barat - Bisnis.com
Jum'at, 22 September 2017

DAMPAK EL NINO: Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Rp50 Miliar

Wisnu Wage Kamis, 30/07/2015 10:50 WIB
DAMPAK EL NINO: Pemprov Jabar Siapkan Anggaran Rp50 Miliar

Bisnis.com, BANDUNG--Pemprov Jawa Barat menyiapkan anggaran Rp50 miliar untuk mengantisipasi bencana seperti kekeringan yang melanda sejumlah daerah.

Wagub Jabar Deddy mengatakan dana tersebut dicadangkan di APBD agar bisa digunakan jika terjadi bencana apapun, termasuk, untuk mengatasi bencana kekeringan.

"Anggaran Rp 50 miliar itu untuk semua bencana dari pemprov. Alokasi untuk kekeringan juga ada," katanya di Bandung, Kamis (30/7/2015).

Menurutnya anggaran sebesar itu bisa bertambah di APBD Perubahan jika kekeringan makin parah dan meluas. Karena dalam kebencanaan selalu ada anggaran. Namun, untuk mencairkan anggaran tersebut ada prosedurnya. "Itu tetap harus dijaga biar nanti tak terjadi penyimpangan," katanya.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan dana tersebut berencana membeli lahan tempat sumber air serta memasang pipa untuk menyalurkan air ke warga guna membantu mereka mendapat air bersih.

"Misalkan pipanisasi di mata air yang ada, atau kita beli mata air yg dikuasai rakyat, kita beli tanahnya, supaya bisa pipanisasi ke arah penduduk yang membutuhkan. Dan itu perlu didata dulu di mana mata air yang dikuasi oleh pribadi di masyarakat sebaiknya dikuasi pemerintah," katanya.

Apps Bisnis.com available on: