Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 15 November 2018

5G Akan Miliki Kecepatan Maksimal Hingga 20Gbps

Ria Indhryani Sabtu, 20/06/2015 11:27 WIB
5G Akan Miliki Kecepatan Maksimal Hingga 20Gbps

Bisnis.com, BANDUNG--Meskipun 4G LTE-A belum menjadi standar di tingkat global dan secara besar-besaran sudah mendapatkan popularitas di pasar negara maju, International Telecommunication Union (ITU) sudah bekerja untuk mendefinisikan spesifikasi atas langkah berikutnya dalam jaringan komunikasi mobile.

Antara 10- 18 Juni, 12 delegasi memperdebatkan mengenai spesifikasi yang akan didirikan untuk standar jaringan yang akan datang atau disebut 5G tersebut. ITU telah memutuskan bahwa jaringan 5G akan memiliki kecepatan puncak 20Gbps, atau 20 kali dari spesifikasi kecepatan puncak jaringan 4G LTE, yaitu 1Gbps.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa ini adalah kecepatan max teoritis dan bahwa jaringan 5G pertama kemungkinan akan mencapai kecepatan puncak yang lebih rendah. Pada saat ini, standar LTE tercepat adalah LTE Cat 9 yang menyediakan kecepatan puncak hingga 300Mbps, jauh di bawah kecepatan puncak spesifikasi jaringan 4G, 1Gbps.

Apakah ini berarti bahwa untuk sementara, kecepatan transfer gila yang diharapkan membuat pelanggan 5G akan dapat men-download film ultra high-definition hanya satu detik, masih belum mungkin dirasakan? Kecepatan download 20Gbps akan berarti jika memang ini terasa dalam prakteknya.

Jaringan 5G juga akan dibangun dengan internet-of-things (IOT) dalam device, yang artinya ITU telah menetapkan bahwa jaringan 5G akan dapat memenuhi lebih dari 1 juta perangkat IOT di dalam radius 1 kilometer persegi pada kecepatan rata-rata di atas 100Mbps.

Jika Anda mendukung skema penamaan formal, ITU mengusulkan 5G ini disebut sebagai IMT-2020, tetapi keputusan terakhir mengenai masalah ini akan berlangsung pada bulan Oktober. Standar jaringan 4G disebut sebagai IMT-Advanced, sedangkan standar 3G disebut sebagai IMT-2000.

ITU mengharapkan bisnis jaringan 5G komersial pertama dapat dimulai di tahun 2020, meskipun contoh kerjanya sedang dipersiapkan untuk PyeongChang Olimpiade, 2018 mendatang.