Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Begini Caranya Menahan Godaan Dari Kartu Kredit Selama Ramadan

Tisyrin NT Jum'at, 19/06/2015 16:25 WIB
Begini Caranya Menahan Godaan dari Kartu Kredit Selama Ramadan
Ilustrasi
inmagine

Bisnis.com, JAKARTA--Banyak sekali godaan selama berpuasa yang memaksa seseorang menggunakan kartu kredit. Perencana keuangan independen dari Tatadana Consulting Tejasari Asad mengatakan salah satu godaan yang datang adalah banyaknya undangan buka bersama dari teman-teman atau ingin buka bersama dengan keluarga di luar rumah.

Selain itu, berbagai promosi dan diskon yang menggiurkan membuat seseorang tergoda menggesek kartu kreditnya, dia berpikir akan membayar tagihannya dari uang tunjangan hari raya (THR).

Perempuan yang berpengalaman kerja di bank ini menyarankan untuk kepentingan buka bersama, sebaiknya menggunakan uang tunai ketimbang membawa kartu kredit agar tidak kebablasan. Anggarkan dana untuk buka bersama sesuai kemampuan. “Carilah restoran yang menjual makanan dengan harga pas di kantong,” katanya kepada Bisnis.

Penggunaan kartu kredit untuk keperluan yang berkaitan dengan Ramadan sebaiknya pada saat-saat tertentu saja. Pertama, untuk membeli tiket pulang kampung karena hal ini harus dilakukan jauh-jauh hari, sementara THR belum cair.

Kedua, untuk membeli baju lebaran jauh-jauh hari karena menghindari berdesak-desakan jika membelinya di waktu yang sudah mepet. Membeli baju lebaran dengan kartu kredit tak masalah dilakukan karena masih menunggu THR.

Jadi untuk kedua jenis keperluan tersebut, pengguna kartu kredit nantinya dapat memanfaatkan THR untuk membayar tagihannya.

Apps Bisnis.com available on: