Jawa Barat - Bisnis.com
Sabtu, 26 Mei 2018

Tingkatkan Keamanan, Samsung & LG Akan Gunakan Pengenalan Iris?

Ria Indhryani Jum'at, 19/06/2015 09:39 WIB
Tingkatkan Keamanan, Samsung & LG akan Gunakan Pengenalan Iris?
(reuters)

Bisnis.com, BANDUNG--Berkat perangkat seperti Fujitsu Arrows F-NX 04G dan Vivo X5 Pro, pengenalan iris tampaknya menjadi trendi sekali pada saat ini. Bahkan, teknologi ini cukup menjadi kata kunci penting pada tahun lalu dan rumor yang beredar menyebutkan LG G3 dan Galaxy S5, flagships pada saat itu, memanfaatkan fitur keamanan tambahan ini.

Jelas, tampaknya itu hanya menjadi rumor karena tidak terjadi di dunia nyata. Namun, rumor telah menghidupkan kembali temnologi ini dan sumber dari industri sekarang mengklaim bahwa kedua pemain utama Korea sudah bekerja pada solusi masing-masing untuk membawa pengenalan iris pada handset mereka.

Rumor bahkan melampaui apa yang diperkirakan dengan mengklaim bahwa Anda bisa melihat teknologi ini berjalan pada lineup perangkat dua produsen tersebut pada tahun depan.

Semua ini secara resmi dikonfirmasi, tapi itu bisa menjadi benar, karena Fujitsu sudah membuat banyak berita utama semata-mata karena mempekerjakan teknologi baru ini. Sementara kedua produsen Korea, Samsung dan LG harus tertinggal dari tren ini dan berusaha relevan di pasar ponsel yang sangat dinamis. Oleh karena itu jika pengenalan iris adalah gimmick sebelah yang mulai menggila, tidak terlambat untuk melihatnya.

Sejauh kepraktisan dan kegunaan yang dihadirkan, banyak pihak yang merasa tidak yakin jika mereka menjadikan pengenalan iris pada perangkat mobile ini sebagai alasan utama. Keamanan mungkin memang hal penging, tetapi hanya sampai batas tertentu.

Sangat diragukan apakah sensor baru ini akan melakukan pekerjaan yang lebih baik untuk melindungi privasi pengguna dari pembacaan sidik jari yang baru-baru ini muncul di smartphone dalam line up tertentu.

Apps Bisnis.com available on: