Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 23 Oktober 2017

Toyota Bangun Rumah Tahan Gempa Di Bekasi

Newswire Jum'at, 05/06/2015 07:19 WIB
Toyota Bangun Rumah Tahan Gempa di Bekasi
Logo Toyota
inautonews

BEKASI--Toyota Housing Indonesia meluncurkan hunian yang menerapkan teknologi tahan gempa di Sakura Regency 3 Jatimulya Bekasi, Jawa Barat.

"Terdapat lima fitur utama dari rumah Toyota, diantaranya menggunakan struktur dinding panel, dengan panel yang terikat dengan rangka baja, yang juga digunakan pada badan mobil Toyota," kata Presiden Toyota Housing Indonesia Akihiro Hara di Bekasi, Kamis.

Sedangkan untuk fitur lainnya, kata dia, pada dinding luar dan atap menggunakan lapisan ganda untuk mencegah kebocoran. Toyota juga memberikan garansi anti bocor akibat hujan dan anti gempa untuk dua tahun. Atap yang dilapisi dengan insulasi dan loteng yang didesain untuk menghadirkan ventilasi natural.

"Waktu pembangunan mulai dari pondasi hingga tahap penyelesaian hanya membutuhkan waktu tiga bulan, lebih cepat bila dibandingkan dengan pembangunan rumah konvensional," ujarnya.

Akihiro Hara juga menjelaskan, rumah disain Toyota ini sudah teruji saat Jepang dilanda gempa belum lama ini, bahkan diyakini akan mampu menahan gempa besar seperti dialami di Aceh, Padang, dan Yogyakarta.

Rumah yang diluncurkan dengan harga mulai dari Rp1,6 miliar ini akan dibangun sebanyak 467 unit, dari total 114 unit rumah yang dibangun di atas lahan seluas 6,4 hektare.

Akihiro Hara mengatakan, dengan harga Rp1,6 miliar, pembeli selain mendapatkan rumah berteknologi toyota, juga mendapatkan fasilitas pendingin ruangan, kitchen set lengkap, dan full interior kamar mandi.

Hunian yang dibangun dengan modal Rp35 miliar untuk tahun 2015 sebanyak 28 unit yang akan dibangun, serta 12 unit diantaranya akan diserah terimakan pada tahun yang sama, jelas dia.

Presiden Toyota Housing Corporation Tadashi Yamashina menambahkan, saat ini Indonesia sedang menghadapi kekurangan perumahan (backlog) sebesar lebih dari 10 juta unit dengan penambahan kebutuhan mencapai 800 ribu unit per tahunnya. Pemerintah sedang mencanangkan program pembangunan 7,6 juta rumah selama lima tahun ke depan.

"Kami optimis dengan teknologi yang kami gunakan dapat mempersingkat waktu pembangunan rumah, hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah untuk mempersingkat waktu dalam menyelesaikan masalah backlog perumahan. Kami juga percaya bahwa teknik pembangunan kami akan berkontribusi dalam pembentukan lapangan kerja baru," ujar Yamashina.

Sedangkan, Vice President PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono mendukung penuh masuknya Toyota Housing di ranah real estate Indonesia.

"Dengan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh oleh Toyota Housing di Jepang selama ini kami berharap Toyota Housing bukan hanya sekedar menyediakan tempat tinggal yang nyaman, tapi juga dapat meningkatkan mutu kehidupan rakyat Indonesia," jelas dia.

Seperti diketahui, sebagai kawasan penyangga kota Jakarta, perkembangan industri properti di Bekasi tumbuh secara pesat selama 15 tahun terakhir, dengan 90 persen perkembangannya didominasi perumahan.

Bekasi mengalami pertumbuhan dan perkembangan properti yang semakin pesat. Data Cushman & Wakefield tahun 2014, Bekasi memiliki potensi terbaik dalam tingkat penjualan residensial sebesar 93,2 persen di area Jabodetabek, dan mempunyai tingkat hunian terbesar di Jabodetabek sebesar 85,5 persen.

Dukungan kemudahan akses jalan tol yang saling terhubung untuk mencapai pusat bisnis di Jakarta seperti tol dalam kota dan JORR WI berdampak pada pertumbuhan properti di Bekasi semakin pesat.

Selain itu, melalui pemerintah juga berencana melanjutkan pembangunan proyek tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) yang telah belasan tahun tertunda. Jalan tol ini diharapkan rampung pada 2017 mendatang. Pada pertengahan tahun ini juga, Bekasi pun akan terhubung dengan jalan Tol Cipali (Cikampek- Palimanan).

"Toyota Housing didirikan berdasarkan dari hasrat para pendiri Toyota untuk `Membangun rumah Jepang yang lebih baik. Kini kami bertekad untuk membawa tradisi ini dalam bisnis kami dengan motto `Membangun rumah Indonesia yang lebih baik. Saya ingin menunjukkan apresiasi saya untuk dukungan yang telah kami terima," kata Akihiro.

Apps Bisnis.com available on: