Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 21 Februari 2018

Perbarindo Cirebon Tak Khawatir Soal Modal BPR Minimal Rp3 Miliar

Maman Abdurahman Kamis, 28/05/2015 19:20 WIB
Perbarindo Cirebon Tak Khawatir Soal Modal BPR Minimal Rp3 Miliar
(bisnis/jabar.com)

Bisnis.com, CIREBON—Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) Cirebon mengaku tak khawatir dengan kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan BPR memiliki modal minimal Rp3 miliar pada 2019 mendatang.

OJK juga meminta Bank BPR yang telah ada dan belum memiliki modal inti minimal Rp3 miliar agar segera memiliki modal sesuai yang telah ditetapkan karena pada 2014 mendatang modal minimal BPR sebesar Rp6 miliar.

Ketua Perbarindo Cirebon Mukmin mengatakan seluruh Bank BPR di wilayah III Cirebon rata-rata telah memiliki modal yang mapan bahkan di atas Rp3 miliar.

Dia menuturkan untuk Bank BPR di daerah lain ada kemungkinan masih banyak yang belum memiliki modal inti Rp3 miliar, sedangkan untuk BPR di wilayah Cirebon rata-rata sudah melebihi yang diinginkan OJK.

“Jika modal minimal Bank BPR harus di atas Rp3 miliar, kami kira untuk wilayah Cirebon tak ada masalah,” katanya ketika dihubungi, Kamis (28/5/2015).

Mukmin mengungkapkan pemerintah daerah di wilayah III Cirebon ( Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan) setiap tahun hampir memberikan penyertaan modal untuk BPR yang ada di bawah naungannya.

“Permodalan BPR di wilayah III Cirebon relatif bagus dan cukup mampu meningkatkan kegiatan usaha,” ujarnya. (k3)

Apps Bisnis.com available on: