Jawa Barat - Bisnis.com
Rabu, 23 Agustus 2017

Lulusan STIE Ekuitas Banyak Diserap Perbankan & Korporasi

Afif Permana Selasa, 21/04/2015 10:12 WIB
Lulusan STIE Ekuitas Banyak Diserap Perbankan & Korporasi
Ketua STIE Ekuitas Ina Primiana (kanan) bersama Dirut Bank bjb Ahmad Irfan menyalami para wisudawan kampus Bank bjb tersebut, pada Sabtu (18/4
2015).

Bisnis.com, BANDUNG--Ketua STIE Ekuitas Ina Primiana mengungkapkan setiap tahunnya angka lulusan perguruan tinggi tersebut yang diterima di perusahaan dan bank terus naik, seiring kualitas yang kian meningkat dan relasi yang semakin banyak. 

Dia mengungkapkan untuk wisudawan STIE Ekuitas gelombang I tahun ajaran 2014/2015 sekitar 30% lulusan telah diterima di perusahaan dan bank. Bahkan, lulusan terbaik pun mendapat lirikan dari Bank BJB. "Untuk lulusan yang lain kami terus membantu dengan pengadaan jobfair serta menambah kemitraan," ujarnya kepada Bisnis, sABTU (18/4/2015).

Selain itu, STIE Ekuitas terus mempromosikan lulusannya dengan menawarkan buku wisuda kepada perusahaan-perusahaan dan perbankan. "Pengalaman membuktikan, banyak lulusan yang terjaring setelah perusahaan membaca profil para lulusan," kata Ina.

Dalam proses belajar mengajarnya, STIE Ekuitas diakui mengedepankan keuangan, perbankan dan kewirausahaan. Dalam menunjang harapan tersebut, pihaknya juga terus menggenjot kualitas para mahasiswa dengan mengharuskan mereka berorganisasi baik di dalam kampus maupun di luar kampus, terutama yang berhubungan dengan tiga aspek tersebut.

"Mahasiswa yang berorganisasi memiliki cara bicara dan berpikirnya beda dengan yang kuliah saja. Kami sangat mendukung organisasi, supaya pelajar tidak takut ketika mereka ikut perekrutan dari perusahaan. Kami juga mendukung mereka dengan memfasilitasi kunjungan ke perusahaan agar mereka belajar," jelas Ina.

Perguruan tinggi tersebut senantiasa memperbarui wawasan perekonomian yang diperoleh dari kerja sama dengan lembaga seperti Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan. Dari sana para pelajar tahu bagaimana kebijakan baru di perbankan.

"Dari informasi itu pula kami membekali para mahasiswa dalam berwirausaha. Kami juga meningkatkan kualitas mereka melalui kerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Bank BJB. Bahkan, dari program enterpreneurship STIE Ekuitas yang sudah terlaksana, banyak alumnusnya yang memperoleh omzet di atas Rp50 juta per bulan."

Selain itu, menurutnya, ilmu-ilmu dosen di perguruan tinggi ini juga terus berkembang. Para dosen inilah yang menjadi suatu kekayaan STIE Ekuitas sehingga bisa bermitra dengan Bank BJB dala program BJB University. Kerja sama antara dua lembaga tersebut karena banyaknya dosen menjadi konsultan melalui lembaga luar kepada sejumlah perusahaan dan bank, termasuk BJB.

"Kenapa tidak sekalian dari STIE Ekuitas yang menyalurkan dosen-dosen sebagai konsultan dan pemberi materi pelatihan? Dengan menyalurkannya pada lembaga yang lebih besar dan kemitraan yang baik dengan Bank BJB, tentu para dosen akan semakin berkembang," tuturnya.

Di samping memberdayakan dosen-dosen yang berkualitas dan profesional sebagai konsultan, pihak STIE Ekuitas juga membentuk kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Bank BJB. Ina Primiana sebagai petinggi di perguruan tinggi pun yakin siap semua akan terlaksana dengan baik, yang dimulai dari tahun ini. (k4)

Apps Bisnis.com available on: