Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 20 September 2018

Festival Batik, Bordir & Tenun Nusantara Targetkan Omzet Rp15 Miliar

Ria Indhryani Senin, 13/04/2015 15:24 WIB
Festival Batik, Bordir & Tenun Nusantara Targetkan Omzet Rp15 Miliar
ilustrasi (bisnis/jabar.com)

Bisnis.com, BANDUNG--Maxxindo Communication, Penyelenggara Festival Batik, Bordir & Tenun Nusantara pada 15-19 April 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Bandung, menargetkan dapat mencatat omzet penjualan atau transaksi hingga Rp15 miliar dalam waktu lima hari.

Yuwono Andi, Ketua Pelaksana yang Mewakili Maxxindo Communication mengatakan acara yang biasa digelar dua kali dalam satu tahun ini, menawarkan berbagai macam produk batik, bordir dan tenun serta produk kerajinan lainnya yang berkelas dan juga bahkan limited edition.

"Hadir dalam festival ini para pengrajin batik, bordir dan tenun baik kain dan baju rancangan dari fashion designer, handycraft serta pengrajin perhiasan. Belajar dari tahun lalu, karena semua produk ini memiliki pasarnya masing-masing maka kami menargetkan dapat mencatat transaksi penjualan hingga Rp15 miliar atau naik dari pencapaian gelaran transaksi di tahun sebelumnya yang hanya mencapai Rp10 miliar," katanya, Senin (13/4/2015).

Menurutnya, pada event ini disebar sekitar 1.000 undangan VIP dan 5.000 undangan non-VIP yang terdiri dari para instansi pemerintahan, pengusaha serta swasta yang dinilai dapat menjadi target pasar tersendiri pada festival ini.

Yuwono mengatakan biasanya produk-produk kain batik dipesan oleh perusahaan swasta seperti hotel, rumah sakit dan sekolah yang memang memesan produk kain batik dan diorder dalam jumlah partai besar untuk kebutuhan perhsahaan.

"Seperti pada tahun lalu, ada beberapa pelaku pengrajin batik yang mendapat order hingga 600 lembar seragam batik dan setiap lembarnya dibanderol Rp700.000. Permintaan tergantung masing-masing konsumen, ada yang produk jadi dan ada juga yang masih bahan."