Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 20 September 2018

Festival Batik, Bordir & Tenun Nusantara Digelar 15-19 April Di Graha Manggala Siliwangi Bandung

Ria Indhryani Senin, 13/04/2015 16:43 WIB
Festival Batik, Bordir & Tenun Nusantara Digelar 15-19 April di Graha Manggala Siliwangi Bandung
bisnis/jabar

Bisnis.com, BANDUNG--Dalam rangka promosi dan memasarkan produk karya cipta seni yaitu batik, bordir dan tenun nusantara, Maxxindo Communication bekerja sama dengan Krishna Studio menggelar Festival Batik Bordir & Tenun Nusantara pada 15-19 April 2015 di Graha Manggala Siliwangi, Bandung.

Festival pameran dan bazar ini rencananya akan diisi oleh kurang lebih 100 tenant yang mana tercatat 33 tenant dari Jabar, Banten dan DKI Jakarta, 50 tenant dari Jateng, 5 tenant dari Jatim, 2 tenant dari Bali, 3 tenant dari NTT dan NTB, 3 tenant dari Sumatera, serta 4 tenant dari Kalimantan dan Sulawesi.

Yuwono Andi, Ketua Pelaksana yang Mewakili Maxxindo Communication event ini merupakan salah satu event terbesar di Jabar untuk kelompok yang sejenis, dan diselenggarakan sebagai wujud kecintaan budaya sekaligus mencari bakat kreatif dari para pencinta batik, bordir dan tenun nusantara.

"Ini merupakan acara festival batik terbesar di Jabar yang biasa kita gelar dua kali dalam setahun. Setelah April ini, nantinya akan ada event serupa pada Oktober yang berdekatan dengan hari jadi Kota Bandung dan Hari Batik Nasional," katanya, Senin (13/4/2015).

Menurutnya, tujuan utama dari festival ini adalah ingin terus menjaga kualitas produk batik dan juga mengedukasi masyarakat Jabar untuk lebih tahu tentang batik daerah sendiri.

Selama ini menurutnya, banyak masyarakat yang kurang paham tentang mana produk batik dan juga mana kain batik yang bermotif batik. "Membuat batik itu melalui proses, tidak bisa sembarangan dan disamakan dengan produk kain cetakan batik yang banyak tersebar. Di sini kami ingin edukasi masyarakat."