Jawa Barat - Bisnis.com
Senin, 20 Agustus 2018

Jawaban Bill Gates Jika Steve Jobs Jadi CEO Microsoft

Jafar Sodiq Senin, 23/03/2015 23:36 WIB
Jawaban Bill Gates Jika Steve Jobs Jadi CEO Microsoft
Steve Jobs dan Bill Gates
Reuters

Bisnis.com, NEW YORK – Mantan bos Microsoft, Bill Gates, sudah lama dikenal mempunyai hubungan yang cukup “panas” dengan mantan CEO Apple, Steve Jobs.

Lantas, bagaimana jadinya jika Bill Gates ditanya soal kemungkinann Steve Jobs menjadi CEO Microsoft.

“Dia akan menjadi (CEO yang) mengerikan,” demikian jawaban Bill Gates, seperti dilansir Business Insider, Senin (23/3/2015).

Bersama Bill Gates, Steve Jobs memang dikenal sebagai nama yang cukup melegenda di dunia teknologi.

Keduanya selalu tampil dengan komentar-komentar pedas usai Microsoft muncul dengan sistem operasi Windows

Namun lama kelamaan, keduanya lebih dewasa menyikapi hubungan mereka dan malah jadi sahabat karib sampai Jobs akhirnya meninggal dunia pada 5 Oktober 2011.

Di akhir hayat Jobs, kedua legenda TI ini justru saling intens berkomunikasi.

Seperti dilansir Investcorrectly, hal paling emosional bagi Gates adalah ketika Jobs menyimpan surat yang ditulis mantan CEO Microsoft itu di samping tempat tidur yang menjadi tempat istirahat Jobs sampai menghembuskan nafas terakhirnya.

Sebagai seorang kompetitor sekaligus sahabat, Bill Gates belum lama ini didapuk untuk menjadi tamu sebuah acara buku bertajuk Becoming Steve Jobs.

Dia menjawab berbagai pertanyaan termasuk kemungkinan Jobs menjadi CEO Microsoft.

Gates sebenarnya tak begitu serius ketika mengatakan Steve Jobs akan menjadi CEO yang mengerikan. Gates terlihat menjawabnya sambil bergurau.

Namun dalam penjelasan lebih lanjut, Gates harus mengakui bahwa Jobs patut diacungi jempol sebagai seorang inovator. Tetapi harus diakui pula bahwa pendiri Apple itu punya gaya manajemen yang ortodok.

Hal inilah yang kemudian dinilai tak akan cocok dengan kondisi di sebuah perusahaan piranti lunak, seperti yang digeluti Microsoft.

Dengan alasan demikian, Gates sekaligus ingin menegaskan bahwa CEO yang sukses di perusahaan tertentu tidak perlu harus memiliki gaya yang sama di tempat lain.

Selain soal Jobs, guyonan Gates juga menyasar buku yang sejatinya baru akan dirilis pada awal bulan depan tersebut.

Ia menyebut, seharusnya buku Becoming Steve Jobs ini harusnya berjudul Don’t Try This At Home lantaran sulitnya menandingi pencapaian yang telah diukir Jobs semasa hidupnya.