Jawa Barat - Bisnis.com
Kamis, 14 Desember 2017

Pertama Hiking Malam Hari Ke Jayagiri Memang Menegangkan

Yanto Rachmat Iskandar Senin, 16/03/2015 17:21 WIB
Pertama Hiking Malam Hari ke Jayagiri Memang Menegangkan
Pendaki gunung di Jayagiri Lembang

Bisnis.com, BANDUNG—Berjalan perlahan menempuh jalan setapak pada malam gelap selama hampir 1,5 jam di Jayagiri Lembang memang cukup menegangkan sekaligus mengasyikan.

Beberapa waktu lalu, penulis mencicipi pengalaman baru hiking malam hari dengan sejumlah rekan. Bagi penulis, pengalaman ini merupakan kali pertama.

Benar saja, pengalaman pertama itu benar-benar menegangkan. Salah satunya ketika berada di tengah perjalanan menuju tujuan kami di Warung Bandrek.

Nafas yang sudah cukup berat akibat jalan menanjak ini seakan bertambah berat saat semilir angin gunung turun menyisir lembah. Menyapa ranting-ranting dan daun-daun yang menimbulkan suara mendesir yang cukup keras dan menakutkan.

Sungguh! Sebuah pengalaman yang menegangkan sekaligus mengasyikan untuk mengetes fisik dan mental.

Umumnya, masyarakat memang melakukan aktivitas hiking di pagi atau siang hari. Akan tetapi, demi mendapatkan pengalaman berbeda, hiking atau mendaki gunung itu ternyata asyik juga dilakukan pada malam hari.

Di Bandung ini, banyak pilihan jika Anda ingin melakukan hiking di malam hari. Sebut saja kawasan wisata Gunung Puntang di Banjaran, Gunung Manglayang di Cileunyi, serta Jayagiri di kaki Gunung Tangkubanparahu, Lembang.

Jika Anda belum pernah mencoba hiking malam hari, mungkin bisa mencoba rute Jayagiri di Lembang Kab. Bandung Barat mengingat lokasi ini merupakan pilihan yang sangat rasional.

Saat memutuskan hiking malam hari, Anda tentu harus mempertimbangkan sejumlah hal antara lain kondisi tubuh yang harus fit serta perkiraan cuaca. Ini harus menjadi pertimbangan utama.

Pertimbangan lainnya tentunya harus tetap rasional, seperti rute yang tidak terlalu panjang, lokasi yang tidak terlalu jauh dengan perumahan penduduk dan akses yang mudah untuk dijangkau, serta membawa peralatan kemping yang memadai.

Bagi yang sudah biasa, hiking malam hari bisa dilakukan seorang diri. Tetapi, alangkah baiknya jika dapat dilakukan secara berkelompok.

Untuk hiking malam hari di Jayagiri Lembang, Anda bisa memilih jam mendaki sesuai keinginan saja. Asalkan, cuaca dan faktor-faktor lainnya benar-benar mendukung.

Seperti yang dilakukan penulis bersama rekan-rekan, kami biasanya mulai mendaki pukul pukul 23.00 Dengan berjalan santai saja, kita akan sampai sekitar pukul 00.30 atau 01.00.

Anda bisa saja turun kembali dengan waktu yang lebih singkat sekitar 45 menit saja mengingat jalan kembali yang menurun. Tetapi, jika ingin menikmati pemandangan pagi hari di Jayagiri, Anda bisa mendirikan tenda.

Sambil mengobrol dan makan-minum dari bekal yang dibawa, ditemani api unggun dengan kayu bakar yang kami beli di sekitar tempat kemping, kami biasanya menunggu fajar menampakkan wajah.

Sesekali kami juga menyempatkan diri untuk beristirahat sejenak untuk melepas lelah dan bangun saat adzan subuh berkumandang. Dan kamipun memuaskan diri dengan berfoto selfie ataupun foto bareng untuk mengabadikan moment pagi yang luar biasa di atas gunung.

 

 

Apps Bisnis.com available on: