Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Harga Beras Di Indramayu Dan Cirebon Mulai Turun

Wisnu Wage Minggu, 15/03/2015 11:33 WIB
Harga Beras di Indramayu dan Cirebon Mulai Turun
(jibiphoto)

Bisnis.com, BANDUNG--Panen perdana di sejumlah wilayah di Jawa Barat, di antaranya di Indramayu dan Cirebon,  mulai berdampak terhadap pergerakan harga beras di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar Ferry Sofwan mengatakan penurunan harga baru terlihat di Indramayu dan Cirebon, namun diharapkan berlanjut terjadi di kabupaten/kota lainnya.

"Kami optimistis harga beras akan turun seiring mulai masuk masa panen raya," katanya di Bandung, Minggu (15/3/2015).

Menurutnya berdasarkan pantauan pihaknya harga beras turun Rp1.500/kg di Indramayu dan Rp1.000/kg di Cirebon. "Harga beras mulai bergerak turun, tapi memang masih di beberapa daerah saja. Kami harap penurunan harga beras akan diikuti di daerah lain," katanya.

Pihaknya memperkirakan lebih dari jutaan ton beras akan membanjiri pasaran. Ferry yakin stok yang berlimpah ini akan mempenetrasi penurunan harga beras.

Dia juga mengimbau kepada para spekulan dan penimbun beras untuk segera mengeluarkan stok mereka. Jika dibiarkan maka bisa dipastikan mereka akan merugi.

"Stok beras berlimpah maka mau tidak mau para spekulan akan mengeluarkan stok mereka," katanya.

Saat ini, Indag mencatat sejumlah daerah telah melakukan Operasi Pasar (OP) beras. Kegiatan ini terbukti ampuh mengendalikan pergerakan harga beras.

Pihaknya mengakui lonjakan harga beras pada Januari dan Februari sempat mendorong lanju inflasi di Jabar. Namun demikian, penurunan harga beras di bulan Maret ini diharapkan mendorong Jabar mengalami deflasi.

"Kami berharap target inflasi 4,5÷1% di akhir tahun dapat tercapai," ucapnya.

Apps Bisnis.com available on: