Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 21 Oktober 2018

Soal Persaingan Bank, BPR Tak Perlu Resah

Maman Abdurahman Senin, 09/03/2015 16:11 WIB
Soal Persaingan Bank, BPR Tak Perlu Resah
ilustrasi
antara

Bisnis.com, CIREBON—Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta pelaku usaha Bank Perkreditan Rakyat (BPR) tak perlu resah menghadapi ketatnya persaingan sering semakin banyaknya perbankan umum yang menggarap kalangan sektor usaha kecil mikro.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Dewan Komisioner OJK Nelson Tampubolon saat menjadi narasumber di dialog interaktif bersama Ketua BPK dan OJK dengan stakholder industri jasa keuangan milik pemerinta daerah (BUMD) di Cirebon, Senin (9/3/2015).

Nelson mengungkapkan pertumbuhan BPR pada 2014 lalu cukup menggembirakan bahkan ada sekitar 7 BPR yang memiliki aset di atas Rp1 triliun karena memiliki kepercayaan dari masyarakat untuk menaruh uangnya.

Dia menuturkan masalah suku bunga yang selama ini banyak dikeluhkan kalangan pelaku usaha BPR sebetulnya tak jadi masalah utama sebab bagi kalangan masyarakat bukan hanya sekedar urusan suku bunga yang jadi pertimbangan sebelum menyimpan atau mengambil kredit di bank.

“Kemudahan pelayanan ternyata jadi kunci keberhasilan BPR yang memiliki pertumbuhan sangat tinggi,” katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Indramayu Ahmad Bachtiar meminta OJK atau instansi terkait lainnya mengeluarkan regulasi yang mengatur masalah sasaran pasar perbankan antarabank umum dan BPR sebab saat ini telah banyak bank umum yang mengeluarkan produk mikro dan menggarap pangsa pasar yang sama dengan BPR. (k3)