Jawa Barat - Bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Pemasok Mobil 'Pede' Dengan Mobil Listrik

Afif Permana Selasa, 24/02/2015 20:31 WIB
Pemasok Mobil 'Pede' dengan Mobil Listrik
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG--Sejumlah pemasok mobil mulai yakin akan perkembangan mobil listrik karena melihat segmentasi yang akhirnya hidup dengan reputasi masa depan yang baik.

Dengan keyakinan tersebut para pembuat mobil pun akan segera berkonsolidasi dengan pembuat bagian mobil untuk suatu lahan bisnis yang penting: teknologi baterai.

Salah satu konsolidasi yang mulai terlaksana ialah Samsung SDI asal Korea Selatan dan produsen bahan kimia Jepang, Asahi Kasei Corp.

Hal pertama yang dilakukan ialah pendanaan unit paket baterai buatan produsen suku cadang asal Canada Magna Internasional untuk memperluas inti afiliasi bisnis Samsung Electronic ke sektor yang krusial.

Samsung SDI baru saja menjadi penghasil baterai yang dapat diisi ulang untuk mobil asal Jerman, BMW. Samsung memasok bagian penting tersebut untuk mobil listrik i3.

Perusahaan tersebut membeli bisnis baterai paketan dari Magna Steyr, perusahaan Magna Internasional di Austria dengan jumlah yang masih dirahasiakan.

Pada satu sisi, Asahi Kasei Corp telah mengakuisisi bisnis pasar energi Polypore International Inc dengan transaksi sejumlah US$2,2 miliar, yang memperlihatkan ketertarikan barang pembangun mobil lisrik dan hibrida.

"Kita telah meletakkan sumber daya yang ada dalam baterai isi ulang untuk komputer pribadi dan ponsel pintar, namun pasar besarnya ada pada mobil listrik dan hibrida," kata Presiden Asahi Kasei Tohsio Asano. (k4)

 

Apps Bisnis.com available on: